Penerapan Model Word Square dan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas III SD GMIT Airnona 2

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di SD GMIT Airnona 2 pada tanggal 28 Agustus sampai dengan 05 September 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model word square dan model talking stick pada peserta didik kelas III SD GMIT Airnona 2 tahun ajaran 2019/2020.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD GMIT Airnona 2 sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model word square dan model talking stick pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik sangat aktif dan berani menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, sehingga presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I berjumlah 68,96 % mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96,55 %. Maka penelitian ini dengan menggunakan model word square dan model talking stick dianggap berhasil meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik kelas III SD GMIT Airnona 2.