PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS XI2

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan self efficacy siswa  menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan model spiral Kemmis dan Tanggart yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mc Tanggart. Obyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI Tata Boga2 di SMK Negeri 6 Makassar. Adapun hasil penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut, sebelum dilakukan tindakan skor rata-rata self efficay siswa adalah 64 dan berada pada kriteria sedang. Setelah diberikan tindakan, pada siklus I rata-rata skor Data (hasil) self effiacacy siswa siklus pertama untuk kategori tinggi meningkat menjadi 36% dari sebelumnya 7% , kemudian untuk kategori sedang menurun menjadi 54% dari sebelumya yang mencapai 70% dan masih cukup banyak siswa yang berada dalam kategori rendah yaitu: 10 % dari sebelumnya yakni 23%. Pada siklus II dan diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan rata-rata self efficacy dari siklus pertama yaitu untuk kategori sangat tinggi mencapai 7%,  (2 orang) ketegori tinggi mencapai 36% (11 orang) sedangkan untuk kategori sedang mencapai 50 % dan rendah tinggal 7% (2 orang) artinya terjadi peningkatan yang sangat bagus pada self efficacy siswa. Ketuntasan belajar siswa berdasarkan KKM, pada siklus I rasio siswa yang belajaranya tuntas mencapai 40%, sedangkan pada siklus II rasio siswa yang belajarnya tuntas mencapai 60%. Tingkat keterlaksanaan pembelajaran siklus 1 mencapai 85,3%, sedangkan pada siklus II tingkat keterlaksanaan pembelajaran mencapai 98%.