Implementasi Metode Role Playing Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Abstract

Kegiatan belajar mengajar siswa disekolah yang berpusat pada guru mengakibatkan siswa hanya menerima mata pelajaran secara pasif pembelajaran yang seperti ini mengakibatkan siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran tematik,proses pembelajaran yaitukurang maksimal pelaksanaan proses pembelajaran yang diterapkan sehingga peserta didik kurang menarik dengan pembelajaran dan metode yang sebelumnya, Sehingga berpengaruh kepada pemahaman siswa. Berdasarkan latar belakang Fokus dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana Perencanaan metode Rol Playing pada pembelajaran tematik di Madrasah IbidaiyahDarul Ulum Sukorambi Jember  tahun pelajaran 2018/2019? 2)Bagaimana Pelaksanaanmetode Rol Playing pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibidaiyah Darul Ulum Sukorambi  Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimna evalusai Metode Role Playingpada pembelajaran tematik di Madrasah Ibidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember tahun pelajaran 2018/2019? Hasil dari penelitian ini adalah: Perencanaan metode Role Playing pada pembelajaran tematik di kelas IV yaitu: dengan menyusun Program tahunan, program semester, silabus dan RPP(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan dikembangkan dalam RPP dengan menggunakan metode Role Playing sehingga setiap siswa dapat memahami materi yang telah dipelajarinya.