Tindakan Preventif Terhadap Perilaku Seks Menyimpang di Kalangan Anak-Anak dan Remaja Melalui Pendidikan Seks (Sex Education)

Authors

  • Jufri Hasani Z STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Tengah, Aceh

Keywords:

tindakan preventif, seks menyimpang, pendidikan seks

Abstract

Maraknya perilaku seks menyimpang yang tidak hanya dilakukan oleh orang-orang dewasa tetapi juga banyak dikerjakan oleh anak-anak dan para remaja semakin memprihatinkan. Negara Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam perlu melakukan langkah-langkah preventif untuk menghambat lajunya pertumbuhan angka penyimpangan seksual di negara ini. Banyak faktor pemicu munculnya berbagai perilaku penyimpangan seksual seperti film-film dan bacaan-bacaan porno yang semakin mudah didapatkan, mengkonsumsi obat-obat perangsang, lemahnya pengendalian diri dan lemahnya agama serta semakin rusaknya pergaulan remaja. Agama Islam melalui al-Qur’an dan Hadis Nabi SAW memberikan pedoman bagi manusia agar terhindar dari berbagai perilaku seks menyimpang. Dalam pandangan agama Islam, naluri seksual adalah anugrah Allah SWT kepada manusia yang harus disalurkan sesuai dengan aturan dan ketentuan Allah SWT. Dari hasil kajian yang dilakukan terhadap sejumlah ayat-ayat al-Qur’an dan HadisHadis Nabi SAW yang didukung oleh pendapat para ahli terungkap bahwa pendidikan seks (sex education) perlu diberikan semenjak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-31

How to Cite

Z, J. H. (2016). Tindakan Preventif Terhadap Perilaku Seks Menyimpang di Kalangan Anak-Anak dan Remaja Melalui Pendidikan Seks (Sex Education). Jurnal As-Salam, 1(2), 118–128. Retrieved from https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/64