MENILIK POLA CONSUMPTION BEHAVIOR BERBASIS PENDEKATAN MASHLAHAH PADA LOKOMOTIF PDRB (PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO) UTAMA DI ACEH TENGAH (STUDI KASUS PETANI KOPI DATARAN TINGGI GAYO)

Authors

  • Dian Alasta Selian STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Tengah, Aceh
  • Edy Saputra STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Tengah, Aceh

Keywords:

Consumption Behavior, Mashlahah

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk melihat bagaimana consumption behavior petani kopi dataran tinggi Gayo, faktor-faktor yang mempengaruhi pola consumption behavior petani kopi dataran tinggi Gayo, mashlahah yang mempengaruhi consumption behavior petani kopi dataran tinggi Gayo, seberapa besar pengaruhnya, pola consumption behavior dalam pandangan Islam, serta pola consumption behavior dalam pandangan mashlahah. Sampel terdiri dari 60 petani dari 6 kecamatan di Aceh Tengah, daerah yang menjadi lokasi penelitian adalah Kebayakan, Bebesen, Bies, Bintang, Silih Nara, Rusip Antara. Teknik analisis data menggunakan metode regresi sederhana, teknik ini untuk melihat apakah variabel budaya, sosial, pribadi dan psikologi mempengaruhi pola konsumsi petani kopi di Aceh Tengah secara konvensional (umum) dan apakah variabel rasionalitas, kebebasan berekonomi dan maksimalisasi nilai guna (maximize utility) mempengaruhi pola konsumsi dengan pendekatan mashlahah petani kopi di Aceh Tengah secara positif dan signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Consumption behavior petani kopi dataran tinggi Gayo dipengaruhi oleh pendidikan, penghasilan, dan biaya konsumsi bulanan, faktor-faktor yang mempengaruhi pola consumption behavior petani kopi dataran tinggi Gayo adalah faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, faktor rasionalitas, faktor kebebasan berekonomi, dan faktor maksimalisasi nilai guna, Mashlahah mempengaruhi consumption behavior petani kopi dataran tinggi Gayo sebesar 24,9%, pola consumption behavior dalam pandangan Islam mengatur keseimbagan antara pola konsumsi konvensional dalam pandangan maslahah, pola consumption behavior dalam pandangan mashlahah akan memberikan pengaruh positif pada pola konsumsi konvensional petani kopi dataran tinggi Gayo.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-29

How to Cite

Selian, D. A., & Saputra, E. (2017). MENILIK POLA CONSUMPTION BEHAVIOR BERBASIS PENDEKATAN MASHLAHAH PADA LOKOMOTIF PDRB (PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO) UTAMA DI ACEH TENGAH (STUDI KASUS PETANI KOPI DATARAN TINGGI GAYO). Jurnal As-Salam, 1(3), 49–62. Retrieved from https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/18