KONSEP PENDIDIKAN MENURUT PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI

Authors

  • Mukhlis Lbs UGN Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.170

Keywords:

KH. Hasyim Asy’ari, Pemikiran, Pendidikan

Abstract

Abstract: The aim of this research is to look at the thoughts of the founder of NU KH. Hasyim Ash'ari on the concept of education so that it can be obtained comprehensively. This research model is carried out using a library-research approach, in collecting data carried out by collecting references on the topic being studied, tracing the work of the character being studied, and looking for the work of other parties with regard to the thought of Hadratus Shaykh Hasyim Asy'ari ideologically, social, cultural and religious. The research data consisted of primary sources and secondary data. After the research data has been collected, it is processed by reading and classifying its contents, then data interpretation is carried out through the content of ideas or concept analysis. The findings in this research are that KH. Hasyim Ash'ari on the concept of education: First, it is seen from the aspect of the relationship between science and religion that cannot be separated. Secondly, education must contain moral values through aesthetic values with sufistic breath. Third, applying the principles of ahl as-Sunnah wa al-Jamaah (tawazun, tawassuth, ta‘adul and tasamuh) in the implementation of education.

Keywords: KH. Hasyim Ash'ari, Thought, Education

 

Abstrak: Penelitian ini tujuannya melihat pemikiran pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari terhadap konsep pendidikan sehingga dapat diperoleh dengan komprehensif. Model penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kepustakaan (library-research), dalam pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan rujukan mengenai topik yang sedang kaji, menelusuri karya tokoh yang sedang diteliti, dan mencari karya pihak lain yang berkenaan dengan pemikiran Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari secara ideologis, sosial, kultural dan keagamaan. Data penelitian terdiri dari sumber primer dan data sekunder. Setelah dikumpulkan data penelitian diolah dengan dibaca dan diklasifikasikan isinya, selanjutnya dilakukan interpretasi data melalui isi gagasan atau analisa konsep (conten analysis).Temuan dalam penelitia ini bahwa pemikiran KH. Hasyim Asy’ari terhadap konsep pendidikan: Pertama, dilihat dari aspek hubungan ilmu dan agama yang tidak bisa dipisahkan. Kedua, pendidikan harus memuat nilai-nilai moral melalui nilai-nilai estetis yang bernafaskan sufistik. Ketiga, menerapkan prinsip-prinsip ahl as-Sunnah wa al-Jamaah (tawazun, tawassuth, ta‘adul dan tasamuh) dalam pelaksanaan pendidikan.

Kata kunci: KH. Hasyim Asy’ari, Pemikiran, Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, Basit. (1982). Kemelut di NU, antara Kiai dan Politisi. Solo: Mayasari.

Amin, Abdullah. (1995). Falsafah Kalam di Era Post Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

An-Nahlawi, Abdurrahman. (1979). Ushul al-Tarbiyah wa Asalibuha fi al-Bait wa al-Madrasah wa al-Mujtama’, Damaskus: Dar al-Fikri.

Asy‘ari, K.H. Hasyim. Adâb al-‘Alim wal Muta’allim fî mâ Yahtâju Ilayh al-Muta’allim fî Ahwâli Ta’allumihî wa mâ Yatawaqqafu ‘alayhi al-Muta’allim fî Maqâmâti Ta’lîmihi Ta’lîmihi. (buku Daras). Pesantren Jombang, Jawa Timur.

Asy‘ari, K.H. Hasyim. Al-Nûrul Mubîn fî Mahabbati Sayyid al-Mursalîn. (buku Daras). Pesantren Jombang, Jawa Timur.

Asy‘ari, K.H. Hasyim. Al-Tibyân: fîn Nahyi ‘an Muqâtha’atil Arhâm wal Aqârib wal Ikhwân. (buku Daras). Pesantren Jombang, Jawa Timur.

Asy‘ari, K.H. Hasyim. Risâlah Ahlis-Sunnah wal Jamâ’ah: fî Hadîtsil Mawtâ wa Asyrâthis-Sâ’ah wa Bayâ Mafhûmis-Sunnah wal Bid’ah. (buku Daras). Pesantren Jombang, Jawa Timur.

Azra, Azyumardi. (1999). Islam Reformis, Dinamika Intelektual dan Gerakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bawani, Imam. (1993). Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam: Studi Tentang Daya Tahan Pesantren Tradisional. Surabaya: al-Ikhlas.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam. (1997). Ensiklopedia Islam, Cet IV. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.

Dhofier, Zamakhsyari. (1984). KH. Hasyim Asy’ari: Penggalang Islam Tradisional. Yogyakarta: LTn-NU dan Pustaka Pelajar.

Fadjar, A. Malik. (1999). Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia.

Fox, James J. (1991). “Ziarah visits to the tombs of the Wali, the Founders of Islam on Java”, dalam M. C. Ricklefs (ed.), Islam in the Indonesian Social Context. Clayton, Victoria: Center of Southeast Asian Studies, Monash University.

Harahap, Syahrin. (2000). Metodologi Studi Penelitian Ilmu-Ilmu Ushuluddin. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Harahap, Syahrin. (2006). Metodologi Studi Tokoh Pemikiran Islam. Jakarta: Istiqamah Mulya Press.

Ismail, Faisal.(1984). Percikan Pemikiran Islam. Jakarta: Bina Usaha.

Khuluq, Lathiful. (2000). Fajar Kebangunan Ulama: Biografi K.H. Hasyim Asy‘ari. Yogyakarta: LKiS.

Maslani. (1997). Pemikiran K. H. Hasyim Asy’ari dalam Karyanya Adab wa al-Muta’allim. Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Masood , Ehsan. (1999). Kejayaan Islam, terj. Amin Muhammad. Jakarta: Rineka Cipta.

Mastuki HS dan M. Ishom el-Saha (ed.). (2003). Intelektualisme Pesantren: Potren Tokoh dan Cakrawala Pemikiran di Era Pertumbuhan Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Misrawi, Zuhairi. (2010). Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari: Moderasi, Keumatan dan Kebangsaan, makalah pada acara “Bedah Buku Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari” yang diselenggarakan oleh Yayasan Panjiaswaja dan PWNU Sumut, Medan tanggal 17 Januari 2010.

Misrawi, Zuhairi. (2010). Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari: Moderasi, Keumatan dan Kebangsaan. Jakarta: Kompas.

Muhaimin dan Abdul Mujib. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofis dan Keraangka Operasionalisasinya. Bandung: Trigenda Karya.

Mulkan, Abdul Munir dkk. (1998). Religiusitas IPTEK, Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musa, Muslih. (1991). Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta, cet. I. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Praja, Juhaya A. (2002). Filsafat dan Metodologi Ilmu dalam Islam.Jakarta: Teraju.

Riyadi, Ahmad Ali. (2006). Gerakan Pembaharuan Islam Kaum Muda NU di Indonesia 1990-2005. Disertasi. Yogyakarta: UIN Sunan Kali Jaga.

S. Nasution. (1994). Sosiologi Pendidikan, Cet. I. Jakarta: Bumi Aksara.

Shihab, Alwi. (2001). Islam Sufistik: Islam Pertama dan Pengaruhnya hingga Kini di Indonesia. Bandung: Mizan.

Tholhah, Imam dan Ahmad Barizi. (2004). Membuka Jendela Pendidikan, Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Voll, John O., “Sufism in the Perspective of Contemporary Theory”, makalah dalam International Conference on Sufism and the Modern in Islam, Bogor, 4-6 September 2003.

Wahid, Abdurrahman. (1981). Muslim di Tengah Pergumulan. Jakarta: BAPPENAS.

Downloads

Published

2020-06-09

How to Cite

Lbs, M. (2020). KONSEP PENDIDIKAN MENURUT PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI. Jurnal As-Salam, 4(1), 79–94. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.170