Analisis Manajemen Lembaga Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

  • Isman Iskandar IIQ Jakarta
  • Sri Widyastri UIN Jakarta

Abstract

ABSTRACT

This paper tries to uncover and elaborate on the management of the Al-Risalah Institute for Arabic language education and training. One of the informal institutions in the field of language education that has recently grown rapidly. Al-Risalah has successfully developed its wings in improving the quality of education, educators and students. Educator who is a special expert in teaching Arabic for non-Arabic from Sudan, Middle East with 15 years of experience in Indonesia. Although there are many informal institutions in the field of language that offer convenience in learning Arabic, many also experience difficulties and are unable to survive in the current era of globalization. This is because the management of the institution does not pay attention to quality and quality. Al-Risalah is present in the midst of Indonesian society who provides quality assurance in terms of institutional management and learning. This study uses a qualitative approach that describes critically in the discovery of meaning. The type and strategy used in this research is case study research by analyzing educational management theory. Data collection techniques are interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that the planning of the Al-Risalah curriculum is very good and structured. In determining the program, Al-Risalah puts forward the aspects of communication and deliberation together between leaders, heads of departments and staff. Organizational structure, namely: 1 leader and pioneer of the Al-Risalah Institute, 3 staff, 1 head of division as well as staff, the number of students is approximately 100 people. The evaluation is carried out using the Al-Arabiyatu Bayna Yadaik book which has tests for each level. With the aim of having 4 language skills: listening, reading, speaking and writing skills.

Keywords: Analysis, Management, and Arabic

ABSTRAK

Tulisan ini mencoba mengungkap dan mengelaborasikan manajemen Lembaga Al-Risalah pendidikan bahasa Arab dan pelatihan. Salah satu lembaga informal di bidang pendidikan bahasa yang belakangan ini berkembang pesat. Al-Risalah telah sukses mengembangkan sayapnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan, tenaga pendidik dan siswa. Pendidik yang merupakan tenaga ahli spesial pengajaran bahasa arab untuk non Arab dari Sudan, Timur Tengah yang sudah berpengalaman selam 15 tahun di Indonesia. Meskipun sudah banyak lembaga informal di bidang bahasa yang menawarkan kemudahan dalam mempelajari bahasa arab namun banyak juga yang mengalami kesulitan dan tidak mampu bertahan di era globalisasi saat ini. Hal ini disebabkan karena manajemen lembaga yang tidak memerhatikan kualitas dan mutunya. Al-Risalah hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang memberikan jaminan kualitas dalam hal manajemen kelembagaan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan secara kritis dalam penemuan makna. Tipe dan strategi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu case study research dengan menganalisis teori manajemen pendidikan, Teknik pengumpulan data yaitu interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa planning kurikulum Al-Risalah sudah sangat baik dan terstruktur. Dalam penentuan program, Al-Risalah mengedepankan aspek komunikasi dan musyawarah secara bersama-sama antar pimpinan, kepala bagian dan staf. Struktur Organisasi yaitu : 1 pimpinan sekaligus perintis Lembaga Al-Risalah, 3 orang staf, 1 orang kepala bagian sekaligus sebagai staf, jumlah siswa kurang lebih 100 orang. Pengevaluasian dilakukan dengan menggunakan kitab Al-Arabiyatu Bayna Yadaik yang memiliki ujian-ujian setiap level. Dengan tujuan memiliki 4 kemahiran berbahasa: keterampilan mendengar, membaca, berbicara, dan menulis.

Kata kunci: Analisis, Manajemen, dan Bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Jurnal

H, A. W. (2020). Human Resources Development Analysis Based on Total Quality Management at Daarul Qur ’ an Elementary School Semarang. International Conference on Science and Education and Technology, 443(Iset 2019), 336–340.
Husaini Usman, Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010)
Iskandar, I., Ali, B., & Mahmuddin, M. (2017). Manajemen Dakwah Ma‘Had Al-Sunnah Kabupaten Sidrap. Jurnal Diskursus Islam, 5(1), 43–66. https://doi.org/10.24252/jdi.v5i1.9640
Kholili, A. N., & Fajaruddin, S. (2020). Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 53–69.
Msallam, A. A., Al, A. A., Naser, S. S. A., & Shobaki, M. J. Al. (2020). The Reality of Achieving the Requirements of Total Quality Management in University Colleges. International Journal of Academic Management Science Research, 4(8), 67–90.
Sewang, A., & Halik, A. (2020). Learning Management Model of Islamic Education based on Problem: A Case Study of the Tarbiyah and Adab Department of IAIN Parepare. Talent Development & …, 12(1), 2731–2747. http://repository.stainparepare.ac.id/1336/
Sri Widyastri dan Isman Iskandar. (2020). Analisis Manajemen Lembaga Tahfidzh dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Mahasiswi IIQ Jakarta. Darul Ilmi Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 08(01), 17–32.
Taufiqurrochman, R., Muslimin, I., Rofiki, I., & ABAH, J. A. (2020). Students’ Perceptions on Learning Management Systems of Arabic Learning through Blended Learning Model. Jurnal Al-Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 12(1), 22–36. https://doi.org/10.24042/albayan.v12i1.5276
Wijaya, C. (2020). Strategi Manajemen Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru di MTS Persiapab Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Edu Riligia, 4(1), 91–102.


Wawancara
Ali Husein Morgan, Pimpinan sekaligus penggagas lembaga Al-Risalah, Jakarta, 08 Desember, 2019.
Endang Utari, bendahara sekaligus staf Administrasi Al-Risalah, Jakarta 16 Desember 2019.
Ida Nurjannah, kepala lembaga, Jakarta 24 Desember 2019.
Published
2020-12-03
How to Cite
Iskandar, I., & Widyastri, S. (2020). Analisis Manajemen Lembaga Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. An Naba, 3(2), 84-94. https://doi.org/10.51614/annaba.v3i2.60