QUO VADIS MARKETING PERBANKAN SYARIAH DI ERA MILENIAL INDUSTRI 4.0

Authors

  • Edy Junaedi STAI Asy-Syukriyyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.99

Keywords:

Indutsri Bank Syariah, Human Capital, Pemasaran, asset

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan investigasi pengaruh aset industri bank syariah, sumber daya insani industri bank syariah dan non performing financing industri bank syariah terhadap market share bank syariah Indonesia. Sampel yang digunakan adalah populasi industri bank syariah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia. Menggunakan analisis regresi F Test dan T Test dengan software SPSS versi 22. Hasil Uji F menunjukan bahwa aset bank syariah, sumber daya insani dan non performing financing secara simultan berpengaruh terhadap market share bank syariah. Hasil uji T menunjukan bahwa aset bank syariah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap market share bank syariah, variabel sumber daya insani bank syariah dan non perfotming financing secara parsial tidak berpengaruh terhadap market share bank syariah. Disrupsi di pelayanan keuangan perbankan mengubah strategi pemasaran syariah, disrupsi di kantor cabang, pembayaran berbasis kartu, ATM, internet banking (berbasis web), uang tunai, customer service, tradisional call center, sms banking, E money dan produk, bisnis juga criptocurrency, E commerce, credit, waqf, asuransi kesehatan milenial, aplikasi berbasis online, perilaku bayar nanti, aware terhadap riba, pembayaran digital, investasi online, perencanaan keuangan, kredit digital, top up game dan angsuran 0%. Untuk mampu hidup di abad milenial dibutuhkan strategi yang mengakomodasi apa yang diharapkan oleh kaum milenial, dengan Leap Strategies agar bisa meningkatkan market share bank syariah lebih dari 5 persen.

References

Asra, Abuzar dkk; Analisis multivariable suatu pengantar, Penerbit In media; Tahun 2017

Junaedi, Edy; Qou vadis Market Share Bank Syariah Indonesia, Jurnal Asy-syukriyyah volume 15 Edisi Desember 2015.

Kartajaya, Hermawan & Mussry, Jacky; Entrepreural Marketing Compass & Canvas, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama; Tahun 2017

Kotler, Philip dkk; From product to Customer to The human Spirit Marketing 3.0; Penerbit John Wiley & Son, Tahun 2010.

Schneider, Stefan; Current Issues Clobal Growth centres, Deutsche Bank Research; August 1, 2005

Statistik Perbankan Indonesia volume 17 no.11, periode bulan oktober 2019, Otoritas Jasa Keuangan; tahun 2019

Statistik Perbankan Syariah periode Oktober 2019, Otoritas Jasa Keuangan; tahun 2019

Yuswohadi dkk, Marketing Outlook 2020, The Fall and The Rise it’s Time to Leap, Strategy in time Market Inflection; Inventure, 2019.

Downloads

Published

2020-06-09

How to Cite

Junaedi, E. (2020). QUO VADIS MARKETING PERBANKAN SYARIAH DI ERA MILENIAL INDUSTRI 4.0. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 61–82. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.99