PROSES PENDIDIKAN/PEMBELAJARAN

  • Husnul Amin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum Sakatiga
Keywords: Proses, Pendidikan

Abstract

Proses pendidikan dalam literatur ilmu pendidikan, khususnya ilmu pengajaran, direduksi menjadi proses pengajaran atau proses pembelajaran, sebab mungkin proses pengajaran/pembelajaran lebih jelas, lebih tegas, objektif, bahkan universal, sedangkan proses pendidikan selain mengajar lebih subjektif, kurang jelas, kurang tegas, lebih bersifat seni daripada sebagai sains.

Proses pembelajaran (Intructional) yang sering disingkat menjadi PBM (Proses Belajar Mengajar) adalah bagian terpenting yang bersifat aktif dari kurikulum. Kurikulum menurut Nasution meliputi 4 (empat) komponen pokok, terdiri dari (1) tujuan, (1) bahan pelajaran, (3) proses belajar mengajar, dan (4) penilaian. Dalam al-Qur’an dan hadits dapat ditemukan berbagai metode pendidikan yang sangat menyentuh perasaan, mendidik jiwa, dan membangkitkan semangat. Metode itu adalah: Metode hiwar (percakapan) Qurani dan Nabawi, Metode kisah Qurani dan Nabawi, Metode amtsal (perumpamaan) Qurani dan Nabawi, Metode keteladanan, Metode pembiasaan, Metode ‘ibrah dan mau’izah, dan Metode taghrib dan tarhib.

Published
2018-06-17
How to Cite
Amin, H. (2018). PROSES PENDIDIKAN/PEMBELAJARAN. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 19-26. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.20