MEMAKMURKAN BUMI DALAM PERSPEKTIF TEOLOGI PENDIDIKAN

  • Husnul Amin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum Sakatiga
Keywords: Isti’marul Ardh, Ta’riful Insan, Pendidikan

Abstract

Kehadiran manusia di muka bumi ini, tiada lain adalah untuk beribadah kepada Allah. Demikianlah kehendak Allah sebagai pencipta manusia, Allah menciptakan manusia agar melakukan pengabdian kepadaNya, bentuk pengabdian yang dimaksud bukan saja dengan melaksanakan ibdah mahdhah melainkan juga ghairu mahdah yang kesemuanya itu diperuntukkan untuk mencari ridho Allah SWT.

Seperti halnya kewajiban memakmurkan dunia di mana manusia telah Allah anugerahkan berbagai macam fasilitas yang terhamr dimuka bumi ini untuk dikelolanya karena manusia adalah khalifatullah, semua itu bukan untuk kepentingan Allah, akan tetapi justru untuk kepentingan manusia itu sendiri. Agar terwujud tugas pemakmuran dunia yang maksimal, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang terdidik, dan cara satu-satunya adalah dengan pendidikan, diperlukan pendidikan untuk menopang kualitas sumber daya tersebut, selanjutnya pada akhirnya manusia mampu memajukan dunia, memakmuran dunia dengan memunculkan penemuan-penemuan yang baru di segala bidang yang akan dibutuhkan oleh generasi setelanya yang relevan dengan waktu dan tempat, dan hal tersebut telah dibuktikan manusia dari masa kemasa yaitu dengan semakin banyaknya penemuan terbaru di segala bidang, lebih-lebih pada sektor teknologi dan pendidikan.

Published
2018-12-17
How to Cite
Amin, H. (2018). MEMAKMURKAN BUMI DALAM PERSPEKTIF TEOLOGI PENDIDIKAN. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(2), 1-12. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i2.26