Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe TAI dan TPS) dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika

Abstract

Dari hasil uji Anava dua jalan menunjukkan: (1)  Terdapat pengaruh p-valuenifikan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan TPS terhadap hasil belajar matematika, dibuktikan dengan nilai P-value(A) = 0,000 <  ? = 0,05. (2) Terdapat pengaruh p-valuenifikan aktivitas belajar siwa terhadap hasil belajar matematika, dibuktikan dengan nilai P-value(B) = 0,000 < ? = 0,05.  (3) Tedapat pengaruh interaksi model pembelajaran koperatif (tipe TAI dan TPS) dan aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar lai matematika, dibuktikan dengan nilai P-value(A*B) = 0,027 < ? =0,05. Berdasarkan hasil uji lanjut menunjukkan pembelajaran TAI  lebih baik dari TPS dan  Ekspositori, didapat dapat dari angka selisih rata-rata  (main difference) hasil belajar matematika kelompok TAI dengan TPS = 3,817* dan untuk TAI dengan Ekspositori ada selisih 5,786*. Untuk kelompok TPS lebih baik dari Ekspositori, didapat dari maindifference = 1,969. Antara kelompok siswa yang beraktivitas tingi dan rendah juga ada perbedaan hasil belajar matematika dimana kelmpok siswa beraktivitas tinggi lebih baik dari kelompok beraktivitas rendah, didapat dari angka maindifference = 4,032.