Penerapan Teknik Napier Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Bilangan Bulat Siswa SMPN 1 Cipanas

Authors

  • Yanti Suryanti STKIP Kusuma Negara

Keywords:

teknik napier, presatsi belajar, dan bilangan bulat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan teknik Napier dapat meningkatkan prestasi belajar pokok bahasan bilangan bulat siswa SMPN I Cipanas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan kontrol group pretes-postes design dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi target pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN I Cipanas. Sedangkan populasi terukur adalah seluruh siswa kelas VII. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes berupa tes uraian dan instrumen non tes berupa angket. Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik Napier dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bilangan bulat siswa SMPN I Cipanas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-15

Issue

Section

Original Research