Peranan Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Sikap Demokrasi Guru di SDN Mekarjaya 31 Depok

Authors

  • Ismail Akbar Brahma STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v12i1.169

Abstract

Peran kepala sekolah sebagai pimpinan tentunya memiliki pengaruh yang besar dalam menumbuhkan sikap demokrasi di sekolah. Dampaknya adalah terhadap sikap guru pada peserta didik dan lingkungan sekitar dan tentunya sangat dibutuhkan sebagai tenaga profesi kependidikan. Oleh karena itu, studi ini dilakukan untuk tujuan mengetahui peranan kepala sekolah dalam menumbuhkan sikap demokrasi guru. Penelitian ini dilakukan di SDN Mekarjaya Depok dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain:  1) peran kepala sekolah dapat dijadikan teladan bagi para guru dalam menumbuhkan sikap demokrasi, hal ini dapat dilihat dari gaya kempemimpinan demokrasi yang dilihat dari tindakan kepala sekolah dalam memahami segala perbedaan yang ada antar guru, karyawan dan warga sekolah, selalu berdialog dalam menyelesaikan permasalahan dan menjaga hubungan yang baik antar guru; 2) sikap demokrasi  guru dapat ditunjukkan dari sikap guru pada saat mengajar di dalam kelas, mengambil keputusan serta menjaga hubungan kerjasama yang baik dengan orang tua murid, serta menghargai hak asasi individu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106-119.

Budiardjo, M. (2003). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Daryanto, A. (2011). Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

de Groot, I. (2011). Why We Are Not Democratic Yet: The Complexity of Developing A Democratic Attitude. In: Veugelers W. (Ed.) Education and Humanism, 79-93. Switzerland: SensePublishers.

Engkoswara, A. K., & Komariah, A. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Harun, C. Z. (2009). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Yogyakarta: Pena Persada.

Hersey, P., Blanchard, K. H., & Johnson, D. E. (2007). Management of organizational behavior. Upper Saddle River, NJ: Prentice hall.

Hermanto, S. (2016). Hubungan Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SDN di Kota Palangkaraya. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 36-42.

Kusmanto, B. (2013). Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Berbasis Ketamansiswaan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 12-148.

Mulyasa. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. N. (2006). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pusposari, D. (2017). Pendidikan yang Demokratis dalam Era Global. In Sukatman., Muti’ah, A., & Taufiq, A. (Eds.) Prosiding Seminar Nasional Pendidikan yang Demokratis dalam Era Global, 83-98. Jember: PS PBSI FKIP Universitas Jember.

Setyaningsih, K. (2019). Democratic Leadership: Upaya Kepala Sekolah dalam Membangun Kualitas Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD) Tunas Teladan Palembang. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1-18.

Siswanto. (2006). Filsafat Progressivisme dan Demokrasi Pendidikan: Menggagas Pembelajaran Demokratis. Jurnal Tadris, 1(2), 244-260.

Sudarman, D. (2004). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumiarsih, E., & Karmedi, M. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Konsep Kebebasan Berorganisasi dan Sikap Demokratis melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Kartu Bergambar di Gugus 2 Bima Sakti Sukmajaya Depok. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 9(2), 23-30.

Suyato. (2016). Belajar Demokrasi di Sekolah Re-Orientasi Pendidikan dan Pengembangan Kultur Sekolah yang Humanis. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(1), 82-95.

Tilaar, H.A.R. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Ubaedillah, A., & Rozak, A. (2016). Pancasila, Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenadamedia.

Zamroni. (2000). Pendidikan Tantangan Menuju Untuk Demokrasi (Civil Society). Jakarta: Bigraf Publishing.

Zuryati., Djailani, A. R., & Usman, N. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SDN 7 Muara Dua Lhoksuemawe. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(2), 38-48.

Downloads

Published

2020-07-22