Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Azizah Safitri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Reinita Reinita Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.689

Keywords:

Scramble, Hasil Belajar, Tematik Terpadu

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi belum digunakannya model pembelajaran yang kreatif dan inovatif pada pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian kuantitatif dalam bentuk quasi eksperiment design. Dengan desain Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel simple random sampling. Populasi yaitu seluruh siswa kelas IV dalam Gugus III Kecamatan Ranah Pesisir. Sebagai sampel adalah kelas IV SDN 02 Koto Nan IV sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN Koto VIII Mudik sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 12 orang. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 84,58 dengan standar deviasi 11,571 dan nilai rata-rata kelas kontrol 69,17 dengan standar deviasi 12,939. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 3,077 sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan ? 0,05 adalah 2,074 sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar tematik terpadu kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Ranah Pesisir.

References

Artini, A. S. V., Sujana, & Wiyasa, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompiang Sujana. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11.

Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16. https://doi.org/10.29210/129400

Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena.

Ramadhanti, F., Reinita, & Mahyuddin, R. (2018). Hasil Belajar Pkndengan Menggunakan Model Social Problem Solving Di Kelas V SDN 01 Kecamatan Guguak. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 1(1), 43. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Reinita, Suarman, F., & Sakdiyah, H. (2020). Mind mapping effect on the students achievement in civic education for elementary school students. Parikh 2016. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2290898

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yesya, D. P., Desyandri, & Alwi, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 6(1), 1–10.

Downloads

Published

19-10-2020

How to Cite

Safitri, A. ., & Reinita, R. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2130–2138. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.689

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check