Model Pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMPN 2 Pasir

Authors

  • Yevis Sandra SMP Negeri 2 Pasir Penyu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.713

Keywords:

Hasil Belajar, Model Dua Tinggal Dua Tamu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar peranan metode pambelajaran kooperatif dua tinggal dua tamu dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian tindakan ini dilaksanakan selama 3 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan:pertama, model pembelajaran kooperati dua tinggal dua tamu dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, pada siklus 1 kreatifitas siswa 32,81%, pada siklus 2 meningkat menjadi 41,15 % dan pada siklus 3 menjadi 61,98 %.Kedua model pembelajaran kooperatif dua tinggal dua tamu dapat meningkatkan hasil belajar siswa ,rata-rata nilai siswa sebelum tindakan sebesar 62,5 dengan modus 50, pada siklus 1 sebesar 69,06  dengan modus 70, pada siklus 2 sebesar 72,34 dengan modus 80, pada siklus 3 sebesar 79,06  dengan modus 80.

References

Ali, Lukman .1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Edisi kedua Depdikbud Balai Pustaka

Anonim 2002. Pembelajaran Kooperatif Master Dalam Pelaksanaan TOT Pembelajaran

Ibrahim.M, dkk. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa University Pres

Kagan, Spencer. 1992. Cooperative Learning, Mempraktekan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta : Grasindo

Kllen, Roy. 1998. Effective Teaching Strategies Leesons From Research and Practice.Second Edition. Australia : Lilarge Pty Ltd.

Rahmanan,Ratu T.G. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya : University Pres

Slavin,Robert E.1983. Cooperative learning. New York : Longman Inc.

Suciadi, Flora.2000. Pengalaman Melaksanakan Membaca Pemahaman dengan Teknik Group Clouze Siswa Kelas III SLTP Negeri 3 Kupang “Majalah Pelangi Pendidikan”. Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SLTP Jakarta No 2 Volume 3.Hal 32-37.

Downloads

Published

26-10-2020

How to Cite

Sandra, Y. . (2020). Model Pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMPN 2 Pasir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2328–2335. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.713

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check