Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Active Debate (Debat Aktif) Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Veby Monalisa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Zaiyasni Zaiyasni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.739

Keywords:

Pembelajaran tematik terpadu, Active Debate (Debat Aktif)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan model pembelajaran Active Debate (Debat Aktif) Kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. hasil pengamatan  RPP siklus I dengan persentase skor yang didapat  84,37%  dengan kualiafikasi baik (B) dan siklus II mengalami peningkatan 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB).  Pada siklus I untuk aspek guru memperoleh persentase 87,5% dengan kualifikasi sangat baik dan pada aspek siswa memperoleh persentase 87,5% dengan kualifikasi sangat baik. Pada siklus II mengalami peningkatan pada aspek siswa dengan persentase 94,44% kualifikasi sangat baik (SB) begitu juga pada aspek siswanya mengalami peningkatan dengan persentase 94,44% kualifikasi sangat baik (SB). Disimpulkan bahwa model pembelajaran Active Debate (Debat Aktif) dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada tema 4 di kelas IV

References

Abdul, Majid. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Abdul, Majid. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Alamsyah Said & Andi Budimanjaya. 2015.95 Strategi Mengajar Multiple Intelegences.Jakarta: Kencana.

Andi Prastowo. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Arikunto,Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aunurrahman.2014. Belajar dan Pembelajaran.Pontianak:Alfabeta.

Azamul, Fadhly. 2017. Model Kepemimpinan Guru dalam Proses Pembelajaran di Kelas pada Jenjang SD/MI. Jurnal Pendidikan Guru MI Volume 4 No. 1.

Beny, Susetya. 2017. Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik di SDN Gambiran Yogyakarta Tahun 2016. Jurnal Taman Cendikia Volume 01 No. 02 2017.

Ety Nur inah.2015. Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa.Jurnal AL-ta’dib Vol.8 No 2.

Faisal. 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD. Yogyakarta: Diandra.

Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: AR-Ruzz Media

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontektual Dalam Pembelajaran.Bogor: Ghalia Indonesia.

Husamah dan Yanur Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta:Prestasi Pustaka karya.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan kecerdasan antar peserta didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2016. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Jamil Suprihatiningrum. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Juita Purnamasari, Yunisrul, & Desyandri. 2018. Peningkatan Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Scientific Di Kelas I Sdn 15 Ulu Gadut Kota Padang. e – Jurnal Inovasi Pembelajaran SD. Voleme 6, No 1, 11-24.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. 2011. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

Kunandar. 2016 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moch Agus Krisni Budiyanto. 2016. Sintaks Metode Pembelajaran dalam student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2018. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Puju Astusi. 2017. Peningkatan Motivasi Belajar Bidang Studi PPKn Melalui Pemberian Pekerjaan Rumah. Jurnal Riset dan Konseptual Volume. 2 Nomor 1.

Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sholeh Hidayat. 2015. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatf, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful, Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:Alfabeta

Syifa.2014. 53 Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung: UPI

Taufina, dan Muhammadi. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.

Trianto. 2010. Desain Pengembangkan Pembelajaran Tematik . Jakarta: Kencana

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Akasara.

Tutik Rachmawati dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Unga, Utari, dkk. 2016. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Volume 1 No.1 2016

Via, Yustitia. 2017. Kemampuan Analisis Mahasiswa PGSD Terhadap Tujuan Pembelajaran Dimensi Kognitif pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 7 No.1

Yatmini. 2016. Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan RPP yang Baik dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis KKG Semester Satu Tahun 2016/2017 di SD Negeri Model Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education Volume 2 No. 02

Widyastono, Herry. 2015. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daeah.Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Zulyeti. 2014. Penerapan Model Active Debate dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Vol. 6 No. 2.

Downloads

Published

02-11-2020

How to Cite

Monalisa, V. ., & Zaiyasni, Z. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Active Debate (Debat Aktif) Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2526–2540. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.739

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check