DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PERASAAN TERTEKAN PADA SISWA KELAS TUJUH SMP SAAT MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA

Authors

  • Meinanda Putri Zalsabella Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun
  • Pupung Puspita Ningrum Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun
  • Sindi Ardila Yuliarisma Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun
  • Ayu Safitri Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun
  • Yohannes Eko Prasetyo Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun
  • Risvya Faiz Nabila Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1305

Keywords:

PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), Perasaan Tertekan, Konsep Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pembelajaran jarak jauh terhadap perasaan tertekan siswa kelas tujuh SMP saat memahami konsep matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah salah satu siswa kelas 7 MTsN Kuncen Madiun dan salah satu siswi kelas 7 SMPN 13 Madiun. Penerapan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran tatap muka di era pendidikan normal baru memiliki implikasi psikologis bagi siswa. Dukungan dari orang tua, guru, dan sesama rekan sangat dibutuhkan agar siswa tidak stres. Kelompok SMP memiliki sederet faktor pendorong penyesuaian, mulai dari ada tidaknya pedoman yang jelas, ketersediaan infrastruktur, hingga tingkat beban tugas. Selain itu, secara psikologis, anak-anak SMP masih dalam masa transisi dari pembelajaran dasar ke menengah. Secara psikologis, yang membuat siswa merasa negatif adalah berkurangnya penguasaan materi utamanya mata pelajaran Matematika selama pembelajaran jarak jauh. Siswa, khususnya, paling terpengaruh selama pembelajaran jarak jauh. Mereka memiliki penyesuaian akademik, interaksi sosial yang terbatas, dan kemungkinan perasaan negatif. Aspek psikologis yang muncul seperti itu tidak bisa ditolerir. Ketidakteraturan dan ketiadaan alat ukur untuk pembelajaran jarak jauh seperti kurikulum yang belum diterbitkan dan penyederhanaan kompetensi dasar semakin berdampak negatif bagi peserta didik.

Author Biographies

Meinanda Putri Zalsabella, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

Darmadi Darmadi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

Pupung Puspita Ningrum, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

Sindi Ardila Yuliarisma, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

Ayu Safitri, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

Yohannes Eko Prasetyo, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

Risvya Faiz Nabila, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun

References

Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1-18.

Mediana. (2020, Juli 13). Siswa Alami Dampak Psikologis Pembelajaran Jarak Jauh Paling Nyata. Dipetik September 17, 2020, dari Kompas: https://bebas.kompas.id/baca/bebas-akses/2020/07/13/siswa-alami-dampak-psikologis-pembelajaran-jarak-jauh-paling-nyata/

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Sisiwa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 94-101.

Sakarti, H., Mirza, A., & Hamdani. (2016). Hubungan Kecemasan dan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, 1-12.

Sukadiyanto. (2010). Stress dan Cara Menguranginya. Cakrawala Pendidikan, 55-66.

Supriyo. (2015, Januari 14). Kecemasan Maematika. Dipetik September 17, 2020, dari Orang Purworejo: http://orangporjo.blogspot.com/2015/01/model-konseling-cognitive-behavior.html

Downloads

Published

2020-12-24

How to Cite

Zalsabella, M. P., Darmadi, D., Ningrum, P. P., Yuliarisma, S. A., Safitri, A., Prasetyo, Y. E., & Nabila, R. F. (2020). DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PERASAAN TERTEKAN PADA SISWA KELAS TUJUH SMP SAAT MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 294–298. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1305

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>