ANALISIS MASALAH PENDIDIKAN BIOLOGI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI ERA PANDEMI COVID -19

Authors

  • Tomi Apra Santosa Program Studi Magister Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Padang
  • Eria Marina S. Program Studi Magister Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1278

Keywords:

Masalah Pendidikan, Pendidikan Biologi, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah pendidikan biologi pada sekolah menengah pertama di era pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Objek penelitian ini adalah menganalisis masalah siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran di era pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan dari berasal dari observasi, wawancara, dan kuisoiner. Teknik menjamin keabsahan data adalah triangulasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis model Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyejian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masalah yang ditemukan di SMP Negeri 17 Kerinci dalam pembelajaran biologi adalah siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diterangkan oleh guru dan Kesulitan dalam mengakses jaringan internet.

Author Biographies

Tomi Apra Santosa, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Padang

Program Studi Magister Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Padang

Eria Marina S., Program Studi Magister Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Padang

Program Studi Magister Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Padang

References

Agung, I. G., Wulandari, A., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha ). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526.

Ahmad, I. F. (2020). ALTERNATIVE ASSESSMENT IN DISTANCE LEARNING IN EMERGENCIES SPREAD OF CORONAVIRUS DISEASE ( COVID-19 ). Jurnal Pedagogik, 07(01), 195–222.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia : SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Anggianita, S., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182.

Atsani, L. G. M. Z. (2020). TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1, 82–93.

Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., Larasati, D., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., & Belajar, M. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Despa Ayuni1? , Tria Marini2, Mohammad Fauziddin 3, Y. P. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Dewi, M. (2020). Analisis Kerja Sama Guru Dengan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online Di Era Covid 19 Di MI Azizan Palembang. Jemari: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 54–64.

Emda, A. (2011). PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XII(1), 149–162.

Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Jurnal Al – Mau’izhoh, 2(2), 1–11.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) … .. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 496–503.

Indrawati, B. (2020). Tantangan Dan Peluang Pendidikan Tinggi. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1(1), 39–48.

Jayawardana, H. B. A., Sugiarti, R., & Gita, D. W. I. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4 . 0 (Issue September, pp. 58–66).

Maulah, S., & , Farikhatun Nurul A, N. R. U. (2020). PERKULIAHAN DARING SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 50–61.

Moeleong, L. J. (2006). Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (1995). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muldayanti, N. D. (2013). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 12–17.

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif : Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media.

Raharjo, S. B. (2012). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532.

Rigianti, H. A. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Elementary School, 7(2), 297–302.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19. Bidayatuna, 3(2), 286–311.

Santosa, T. A., Yulianti, S., Biologi, P. P., & Padang, U. N. (2020). Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci. Science Education and Application Journal (SEAJ, 2(2), 79–87.

Sri Yunita Simanjuntak, K. (2020). Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 308–316. https://doi.org/10.5281/zenodo.3960169

Supriyatin, T. (2020). Analisis Pembelajaran Filsafat MIPA Berbasis Daring pada Mahasiswa Pendidikan Biologi di Era Pandemi Covid-19 yang digunakan oleh guru . Titin Supriyatin, 1(1), 18–21.

Utami, Y. P., Alan, D., Cahyono, D., & Indonesia, U. T. (2020). STUDY AT HOME : ANALISIS KESULITAN BELAJAR. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) Vol., 1(1), 20–26.

Yulianto, E., Cahyani, P. D., & Silvianita, S. (2020). Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp group dan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 331–341.

Downloads

Published

2020-12-18

How to Cite

Santosa, T. A., & S., E. M. (2020). ANALISIS MASALAH PENDIDIKAN BIOLOGI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI ERA PANDEMI COVID -19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 273–278. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1278