Improving Students Activity and Students Learning Outcomes by Using Collaboration of Mind Mapping and Picture and Picture Models

Authors

  • Mahmudi Mahmudi Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Fury Styo Siskawati Universitas Islam Jember, Indonesia

Abstract

The purpose of the research is to describe the students activities in using mix of mind mapping and picture and picture model. To describe the students learning outcomes in using mix of mind mapping and picture and picture model model. The kind of the research is PTK with qualitative and quantitative approach. The subjects of the research are students of class VII at MTs Kaliwining Jember. With the data collecting method that used in the research are documentation, observation, interview and test. The data analysis method that used is qualitative and quantitative. The results of the research there is increased activity and student learning outcomes.

Keywords: mind mapping, picture and picture, students activity, and students

learning outcomes

References

Buku

Ali, M. 2007. Modul Teori dan Praktek Pembelajaran Pendidikan Dasar. Bandung: UPI Press.

Arends (Basuki, T. 2000). Pembelajaran Matematika Disertai Penyusunan Peta Konsep. Tesis. Bandung: PPS UPI Bandung.

Arikunto. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: Reneka Cipta.

Buzan, Tony. 2004. Mind Map: Untuk meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. 2004. Model Pembelajaran Matematika. Jakarta.

Erman, Suherman, dkk. 2001. strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Harta, Idris. 2006. Matematika Bermakna. Matematika: Mediatama.

Hudojo. 2002. Peta Konsep. Jakarta: Forum Diskusi Pusat Perbukuan Depdiknas.

Igak dan kuswaya. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Iskandar. 2012. Oenelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press Group

Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada.

Jamal M, Asmani.2011. Tujuh Tips Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Diva Press.

Margono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta.

Ali, M.2007. Modul Teori dan Praktek Pembelajaran Pendidikan Dasar. Bandung: UPI Press.

Mulyasa. 2007. Menjadi guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oemar, Hamalik. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwaningsih. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Reys, et al. 1998. Helping Children Learn Mathematics. Boston: Allyn and Bacon.

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Sugiarto, Iwan. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berpikir Holistik dan Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sukardi (Yulaikah. 2005). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara

Sukidin, et al.2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia.

Sumarmo Utari dan Hendriana. 2004. Penilaian Pembelajaran Matematika. Jakarta: Refika Aditama.

Usman Uzer.2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo.

. 2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: UPI.

. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, Cet. VI.

. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Internet :

Buzan, Tony. 1975. http://www.tonybuzan.edu.sg/oldsite/mindmap.html. <06 Maret 2016>

Fauzi, dkk. 2011. Penerapan etode Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII D SMP Negeri14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. http://eprints.uns.ac.id/13592/. <06 Maret 2016>

Hudojo, Herman. 2005. http://duaenamkosong.blogspot.co.id/2014/06/penerapan-model pembelajaran-mind.html.<06 Maret 2016>

Indhah Permatasari, dkk. 2013. Penerapan Media Mind Mapping Program Pada Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI.A2 SMA Negeri 4 Surakarta. https://eprints.uns.ac.id/13198/. <06 Maret 2016>

Mariani Natalina, dkk. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatf Picture and Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 UKUI Tahun Pelajaran 2009/2010. http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSB/article/view/675. <06 Maret 2016>

Nana, Sudjana.1987. http://duaenamkosong.blogspot.co.id/2014/06/penerapan-model-pembelajaran-mind.html.<06 Maret 2016>

Pandley.1994. http://duaenamkosong.blogspot.co.id/2014/06/penerapan-model-pembelajaran-mind.html.<06 Maret 2016>

Santrock dan Yovan (Astutiamin 2009). Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran (Mind Mapping) http://astutiamin.wordpress.com/2009/11/26/meningkakan-hasil-belajar-dan-kreativitas-siswa-melalui-pembelajaran-berbasis-peta-pikiran-mind-mapping/#more-30.<06 Maret 2016>

Sunardi. 2010. http://nardisungaililin.blogspot.co.id/2010/05/laporan-penelitian-tindakan-kelas.html?m=1<06 Maret 2016>

Tupamahu, Anastasya.2014. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Statistika dan Peluang Untuk Siswa Kelas IX SMP. http://duaenamkosong.blogspot.co.id/2014/06/penerapan-model-pembelajaran-mind.html<06 Maret 2016>

Yudit dan Mitarlis. 2012. Development Of Bilingual WorkSheet By Using Mind Mapping Learning Strategy For Atomic Strukture. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/6948. <06 Maret 2016>

Downloads

Published

2018-01-28

How to Cite

Mahmudi, M., & Siskawati, F. S. (2018). Improving Students Activity and Students Learning Outcomes by Using Collaboration of Mind Mapping and Picture and Picture Models. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 12–27. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/AXI/article/view/306

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>