Effectiveness of Using "PAKSOBRI" with Quiz Faber to Improve Students' Problem Solving Abilities at Islamic University of Jember

Authors

  • Fury Styo Siskawati Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36835/axi.v4i1.339

Abstract

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifitasan penggunaan PAKSOBRI denga Quiz Faber untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Jenis dari penelitian ini PTK dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa di Universitas Islam Jember. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa metode dokumentasi, observasi, dan tes. Adapun indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) Ketuntasan perorangan dapat dicapai  mahasiswa apabila seoarang mahasiswa mencapai skor ? 70 dari skor maksimal 100. (2) Mahasiswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalahnya jika indikator kemampuan pemecahan masalah akhir lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah sebelumnya. (3) Siklus I dinyatakan berhasil jika ? 75% mahasiswa tuntas dalam pembelajaran dan Siklus II dinyatakan berhasil jika 85% mahasiswa tuntas dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh yaitu terjadi peningkatn kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa melalui penerapan PAKSOBRI dengan Quiz Faber.

Kata kunci: PAKSOBRI, Quiz Faber, pemecahan masalah

 

Abstrack

 

The purpose of this study is to describe the effectiveness of using a PAKSOBRI with Quiz Faber to improve student problem solving skills. The type of the research is CAR with qualitative research. The subject of this study was students at Islamic University of Jember. With the data collection method used consists of methods of documentation, observation, and testing. (1) Individual completeness can be obtained by students agreeing that a student reaches a score of ? 70 from a maximum score of 100. (2) Students improve their problem solving ability if the indicator of the final problem solving ability is better than the previous problem solving ability. (3) Cycle I was declared successful if ? 75% of students completed learning and Cycle II was approved successfully if 85% of students completed learning. The results obtained about an increase in problem solving skills in students through the application of PAKSOBRI with Quiz Faber.

Keywords: PAKSOBRI, Quiz Faber, problem solving

References

DAFTAR RUJUKAN

Arifin, Zaenal. 2010. Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika Landasan Filosofi, Histori, dan Psikologi. Surabaya: Lentera Cendikia

Alviana, L. 2013. BAB II Landasan Teori. [Online] http//eprints.walisongo.ac.id [Diunduh, 1 Juni 017]

Dewi, Kania Evita, dkk. 2013. Penerapan Metode Penugasan Dalam Perkulihan Aljabar Linier Dan Matrik. Jakarta: Universitas Komputer Indonesia

Faturrahman. 2012. Pengantar Pendidikan.Prestasi Pustaka: Jakarta

Fitria, Mia, dkk. 2014. Pengembangan Modul Aljabar Linier Elementer Bernuansa Konstruktivisme Berbantuan ICT

Hobri. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies (CSS) Jember

Polya. (1973). How to Solve It a New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Stanford University

Rosita, Cita Dwi, dkk. 2013. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kulaih Aljabar Linier 1. UNSWAGATI

Sari, Dwi Ivayana. 2008. Keefektifan Metode Silih Tanya Model Kompetisi Biasa Jenis 1 Antar Mahasi swa Pada Materi Ruang Vektor Mata Kuliah Alajabar Linier Elementer Smester V. Bangkalan: STKIP PGRI Bangkalan

Siskawati, Fury Styo. 2017. Pengembangan Leker Gabel Dengan Hot Potatos Untuk Meningkatkat Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Islam Jember. UIJ: Jember

Solso, Robert. L, Maclin, Otto. H, dan Maclin, M. Kimberly. 2007. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

2019-01-31

How to Cite

Siskawati, F. S. (2019). Effectiveness of Using "PAKSOBRI" with Quiz Faber to Improve Students’ Problem Solving Abilities at Islamic University of Jember. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 7–15. https://doi.org/10.36835/axi.v4i1.339

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>