Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam

  • Alwazir Abdusshomad Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
Keywords: covid-19, pendidikan karakter, pendidikan Islam, penerapan

Abstract

The spreading of a new corona virus named Covid-19 has caused so many death tolls to almost all countries in the world. Researchers suspect that this virus originated from the traditional market in China's Wuhan City selling a wide variety of fresh wet animals traded for consumption, including bats and pangolins which ultimately transmit the virus to humans. The World Health Organization has confirmed that Covid-19 transmission through droplets or sparks from infected people through talking, sneezing or coughing. With such causes, world governments recommend and even order the citizens to always maintain health and hygiene by washing hands, wearing masks, and covering  mouths when sneezing or coughing. While in Islam, there are also procedures for behaving to maintain health and cleanliness. This literature study used qualitative method to examine the relevance of the global pandemic to the Islamic character education. This study then found that the influence of Covid-19 on the application of character education and Islamic education. This conclusion could be seen from the factors that influence the majority of characters carried out during the Covid-19 plague including instincts, habits, wills and conscience. 

Keywords: application, character education, covid-19, Islamic education

Abstrak

Penyebaran virus korona baru bernama Covid-19 telah menyebabkan begitu banyak korban jiwa ke hampir semua negara di dunia. Para peneliti mencurigai bahwa virus ini berasal dari pasar tradisional di Kota Wuhan Tiongkok yang menjual berbagai macam hewan basah segar yang diperdagangkan untuk konsumsi, termasuk kelelawar dan trenggiling yang akhirnya menularkan virus ke manusia. World Health Organization telah mengkonfirmasi bahwa penularan Covid-19 melalui tetesan atau percikan dari orang yang terinfeksi melalui percakapan, bersin, atau batuk. Dengan penyebab seperti itu, pemerintah dunia merekomendasikan dan bahkan memerintahkan warga untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan dengan mencuci tangan, memakai masker, dan menutup mulut saat bersin atau batuk. Sementara dalam Islam, ada juga prosedur untuk berperilaku menjaga kesehatan dan kebersihan. Studi literatur ini menggunakan metode kualitatif untuk menguji relevansi pandemi global dengan pendidikan karakter Islam. Penelitian ini kemudian menemukan bahwa pengaruh Covid-19 pada penerapan pendidikan karakter dan pendidikan Islam. Kesimpulan ini dapat dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi sebagian besar karakter yang dilakukan selama wabah Covid-19 termasuk naluri, kebiasaan, kemauan dan suara hati.

Kata kunci: covid-19, pendidikan karakter, pendidikan Islam, penerapan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, D. A. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Adit, A. (2020, Mei 8). https://edukasi.kompas.com/read. Dipetik Mei 19, 2020, dari https://edukasi.kompas.com/read/2020/05/08/162340271/akademisi-ugm-ini-bentuk-perilaku-baru-karena-wabah-corona?page=all

An-Nahlawi. (1996). Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam; dalam Keluarga di Sekolah dan Masyarakat. Bandung: Diponegoro.

Arifin, M. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan dan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

de Wit E, v. D. (2016). SARS and MERS: recent insights into emerging coronaviruses. Nat Rev Microbiol , 523–34.

Fuadi Husin, A. (2014). Islam Dan Kesehatan. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 1(2), 194–208. https://doi.org/10.19105/islamuna.v1i2.567

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.

HD, Kaelany. (2005). Islam dan Aspek-aspek Kemasyarakatan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Huang C, W. Y. ( 2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. Lancet, 497–506.

Kemendiknas. (2011). Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Kebukuan Kemendiknas.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.

Mahmud, A. (2005). Pemikiran Islam Kontemporer di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mu‟in, F. (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik Urgensi Pendidikan Pregresif dan Revitalisasi Peran Guru dan Orangtua. Yogyakarta: ArRuzzmedia.

Murphy, M. (1998). Character Education in America’s Blue Ribbon Schools . Lancaster PA: Technomic.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nizar, A.-R. d. (1995). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Samani, M. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sandi, F. (2020, Februari 27). https://www.cnbcindonesia.com/news. Dipetik Mei 19, 2020, dari https://www.cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200227204636-4-141009/banyak-negara-kena-corona-di-ri-harga-masker-naik-5x-lipat

Sari, H. P. (2020, April 25). https://nasional.kompas.com/read. (F. J. Kuwado, Penyunting) Dipetik Mei 17, 2020, dari https://nasional.kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2020/04/25/18235921/waspada-daerah-yang-terapkan-psbb-adalah-episenter-covid-19

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Susanti, R. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Al-Ta’lim, 1(6), 480–487. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.89

Tafsir, A. (1994). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam (2 ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 59-70. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290

Uhbiyati, N. (2005). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

WHO. (2020, Januari 1). https://www.who.int/indonesia/news. Dipetik Mei 18, 2020, dari https://www.who.int/indonesia: https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Published
2020-06-03
How to Cite
Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107-115. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407
Abstract views: 11939 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 13754