Pendekatan Rekonstruksi Sosial dalam Pembelajara Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Pontianak

  • Khairunnisyah Khairunnisyah Mahasiswa Prodi Magister PAI pascasarjana IAIN Pontianak
  • Sukino Sukino IAIN Pontianak
  • Imron Muttaqien IAIN Pontianak
Keywords: Rekonstruksi Sosial Materi Pendidikan Agama Islam, Kejuruan

Abstract

This research is based on the learning process of Islamic Religious Education which tends to prioritize the students' abilities in the knowing aspect and the skill aspect (doing), while the most important aspect is the religious aspect which is put aside. So this paper seeks to examine the development of Islamic Religious Education material with a social reconstruction approach, as an offer to overcome the challenges of teachers in shaping students into individuals who always practice the Islamic Education material they have learned. The purpose of this study is to determine how the implementation of the development of Islamic Religious Education materials with a social reconstruction approach. The form of research that is considered suitable is a descriptive study with a qualitative approach with the type of field research or field research. Sources of data in this study were 10 students of SMK Negeri 6 Pontianak and 1 PAI teacher. To collect the data, interview techniques and non-participant direct observation techniques were used. The results of the data analysis show that the contextual and social reconstruction-based learning of Islamic Religious Education is able to create an active and enjoyable learning situation, and produce religious students.

Penelitian ini dilatabelakangi oleh proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang cenderung mengedepankan kemampuan siswa pada aspek pengetahuan (knowing) dan aspek keterampilan (doing), sementara aspek terpenting adalah aspek keberagamaan (being) dikesampingkan. Maka tulisan ini berusaha mengkaji pengembangan materi Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan rekonstruksi sosial, sebagai tawaran untuk mengatasi tantangan guru dalam membentuk siswa menjadi pribadi yang senantiasa mengamalkan materi PAI yang telah mereka pelajari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pengembangan materi Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan rekonstruksi sosial. Bentuk penelitian yang dianggap cocok adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 6 Pontianak yang berjumlah 10 orang dan 1 orang guru PAI. Untuk mengumpulkan datanya digunakan teknik wawancara dan teknik observasi langsung non partisipan. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kontekstual dan berbasis rekonstruksi sosial mampu menciptakan situasi belajar yang aktif dan menyenangkan, serta menghasilkan siswa yang religius.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhaimin. (2009). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Abdi, M. I. (2011). Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI. Dinamika Ilmu Journal of Education, 11(1).

Akbar, R. F. (2015). Metode Contextual Teaching and learning untuk Pengembangan Pembelajaran PAI. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 211–228.

Arif, S. (2015). Model Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Pamekasan. Tadrîs, 10(2), 251–268.

Budianto, E. (2010). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran PAI Berbasis Kontekstual. Jurnal Progresiva, 4(1), 125–136.

Hasibuan, I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Jurnal Logaritma, II(01), 1–12.

Hidayat, A. (2018). Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millennial. FENOMENA: Jurnal Penelitian, 10(1), 55–76.

I Wayan Lasmawan, Pranata, R., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Implementasi Model Rekonstruksi Sosial Vigotsky Dengan Teknik Scaffolding Terhadap Sikap Sosial Dan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1).

Ilman, N. A. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Kontekstual Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inspirasi, 1(1), 51–69.

Irsad, M. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah (Studi Atas Pemikiran Muhaimin). 2(1), 230–268.

Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Dinamika Ilmu - Jurnal Kependidikan, 13(1), 17–38. https://doi.org/10.21093/di.v13i1.20

Mutallib, A. (2014). Imlementasi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pedagogia, 3(1), 1–9.

Pitriani, N. L., Sujana, I. W., & Putra, A. I. K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Rekonstruksi Sosial terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus VII Yos Sudarso Sanur Denpasar. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1).

Rianawati. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Akhlak Kemandirian (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran Akhlak di MAN 1 Pontianak). ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, 14(2), 375–404.

Sahlan, A. (2011). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal El-Hikmah, 8(2), 217–227.

Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Siswa Smp. Edusains, 7(1), 97–104. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1533

Sukino & Muttaqin, I. (2019). Penguatan Akhlak Mulia Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Mts Ma’arif Binjai Hulu Sintang ( Perspektif Rekonstruksi Sosial ): Vol. 07 (1). https://doi.org/10.21274/taalum.2019.7.1.

Sukino, S., & Failasufah, F. (2019). Internalization of Students’ Scientific Attitudes through Islamic Education in Madrasah Aliyah. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i1.4201

Sukino, S., Wahab, W., & Murliji, A. F. (2020). Development and Contextualization of Multicultural Insight-Based Quran Hadith Materials in Madrasah Aliyah. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21043/edukasia.v15i2.8045

Syahrul, M. (2018). Konsep Kurikulum Rekonstruksi Sosial dalam Menghadapi Pembelajaran di Era Modern. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jember, 3(1), 93–102.

Sa’ud, U.S. (2013). Inovasi Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2020-10-31
How to Cite
Khairunnisyah, K., Sukino, S., & Muttaqien, I. (2020). Pendekatan Rekonstruksi Sosial dalam Pembelajara Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Pontianak. Arfannur, 1(1), 55-74. https://doi.org/10.24260/arfannur.v1i1.138
Section
Articles