HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU PLK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, sehingga berdampak terhadap kompetensi kepribadian dan kecerdasan emsional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kompetensi kepribadian dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa, serta untuk mengetahui seberapa besar hubungan kompetensi kepribadian dan kecerdasan emosional guru praktek lapangan kependidikan (PLK) terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat asosiatif. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner model skala Likert. Populasi dari penelitian yaitu seluruh siswa Kelas Xl Semester Ganjil di SMK N 1 Muara Bungo  Tahun Ajaran 2019/2020. Maka disimpulkan hubungan kompetensi kepribadian masuk dalam kategori baik sekali (82,09%), hubungan kecerdasan emosional masuk dalam kategori baik (72,21%), dan motivasi belajar masuk dalam kategori baik  (75,14%). Hasil dari penelitian didapatkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian dan kecerdasan emosional guru praktek lapangan kependidikan (PLK) terhadap motivasi belajar siswa Kelas Xl Semester Ganjil di SMK N 1 Muara Bungo Tahun Ajaran 2019/2020.