PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV melalui model reciprocal teaching di SD 19 Sungai talang Tarusan. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan subjek 28 siswa. Penelitian inii dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi kegiatan guru dan lembar tes hasil belajar kognitif siswa. Pelaksanaan pembelajaran IPA melalui model reciprocal teaching kelas IV berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar ranah kogitif tingkat pengetahuan pada siklus I nilai rata-rata 78,2 dan pada siklus II nilai rata-rata 87,6. Peningkatan ranah kognitif pengetahuan dari siklus I ke siklus II dengan selisih nilai rata-rata adalah 9,4. Sedangkan hasil belajar kognitif tingkat pemahaman pada siklus I nilai rata-rata 69,1 dan pada siklus II nilai rata-rata 84,3. Peningkatan ranah kognitif pemahaman dari siklus I ke II nilai rata-rata adalah 15,2. Hal ini berarti pembeajaran IPA melalui model reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 19 Sungai Talang dan dapat disimpulkan bahwa model reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa.