MONITORING KEAKTIFAN MAHASISWA SELAMA PERKULIAHAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI APLIKASI ABSENSI DAN PENILAIAN BERBASIS MOBILE

Abstract

Sejak pandemi Covid-19 dinyatakan mewabah di Indonesia beberapa bulan lalu, nyaris seluruh aktifitas masyarakat terganggu, tidak terkecuali dengan proses pembelajaran. Kampus ditutup dan tidak diperbolehkan melakukan kegiatan tatap muka, sehingga untuk melanjutkan proses pembelajaran harus menggunakan platform online. Proses perkuliahan tidak lepas dari sebuah penilaian dan absensi, oleh karena hal tersebut, diperlukan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan dalam hal memonitor keaktifan juga penilaian terhadap mahasiswa. Metode pengembangan aplikasi RAD digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan untuk mengembangan perangkat lunak sekuensial linier yang menekankan siklus perkembangan dalam waktu yang singkat. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pengguna aplikasi yang merespon bahwa penggunaan aplikasi sangat menarik dan dapat memudahkan dalam melakukan absensi dan penilaian sebanyak 88%. Selanjutnya aplikasi ini juga dapat digunakan untuk monitoring keaktifan mahasiswa selama perkuliahan online dengan mengetahui kondisi terkini mahasiswa melalui googlemap yang terintegrasi pada aplikasi absensi dan penilaian mahasiswa ini. Since the Covid-19 pandemic was declared endemic in Indonesia a few months ago, almost all community activities have been disrupted, including the learning process. The campus is closed and face-to-face activities are not allowed, so to continue the learning process one must use an online platform. The lecture process cannot be separated from an assessment and attendance, because of this, an application is needed that can make it easier to monitor student activity as well as assessment. The RAD application development method is used in this research with the aim of developing linear sequential software that emphasizes the development cycle in a short time. The results showed the level of satisfaction of application users who responded that the use of the application was very interesting and could make it easier to do attendance and assessment as much as 88%. Furthermore, this application can also be used to monitor student activeness during online lectures by knowing the current condition of students through Google Map which is integrated in this student attendance and assessment application.