Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Lattice Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Authors

  • Resky Ayu IAIN Palopo
  • Lisa Aditya Dwiwansyah Musa IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.30-39

Keywords:

Lattice learning method; Learning outcomes; Integer multiplication

Abstract

This study aimed to determine the effect of lattice learning methods on mathematics learning outcomes on the integer multiplication operation for the grade VII students of SMPN 2 Bua. This is a pre-experimental research design that uses a one-group pretest-posttest research design type. The instrument used a description test consist of 3 questions. The samples were students of class VII A of SMPN 2 Bua. The analysis result of the two-tailed curve, Ha was accepted, and Ho was rejected. The conclusion was a significant influence on the lattice learning method on mathematics learning outcomes in the integer for grade VII students of SMPN 2 Bua. So, a successful student not only by learning theory but also by the right learning methods. The results of this study will be able to help teachers to improve student learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatmala, F. W., Muzaki, A., & Pujilestari. (2018). Pengaruh Penerapan Lattice Multiplication Method untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Operasi Perkalian. Media Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Mataram, 6(2) , 68-78.
Handojo, B. H. (2004). Math Magic. Jakarta: Kawan Pustaka.
Hapriani. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Lattice terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI Miftahul Ishlah Tembelok-Sandubaya. Skripsi. UIN Mataram. Retrieved from http://etheses.uinmataram.ac.id/1262/
Khumairoh, I. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Lattice terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Islam Hidayatullah pada Materi Operasi Perkalian Pecahan Desimal Mata Pelajaran Matematika Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Retrieved from http://eprints.walisongo.ac.id/7641/1/133911039.pdf
Kusumawati, A. D. A. (2010). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Metode Kisi-kisi (Lattice Method) dengan Model Pembelajaran langsung pada Pokok Bahasan Perkalian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MINU Waru II. Skripsi yang Tidak Dipublikasikan. IAIN Sunan Ampel surabaya.
Mulyanto, K., Handoyo, E. D., & Santoso, S. (2019). Perancangan Game Edukasi untuk Operasi Dasar Matematika dengan Penerapan Metode Lattice "Rancage Matematika". Jurnal Strategi, 1(2) , 362-373.
Musa, L. A. D. (2016). Level Berpikir Geometri Menurut Teori Van Hiele Berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender Siswa Kelas VII SMPN 8 Pare-Pare. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 103-116.
Solikin, N. K. R., Cipta, D. A. S., & Anugraini, A. P. (2019). Penggunaan Metode Lattice dalam Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 51-57.
Subana & Sudrajat. (2005). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uskono, I. V., Djong, K. D., & Leton, S. I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Relistik pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 138-144.
Wardhani, S. (2010). Implikasi Karakteristik Matematika dalam Pencapaian Tujuan Mata Pelajaran Matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Yudhautama, L., & Ratu, N. (2019). Pengembangan Alper Silabu pada Materi Bilangan Bulat Kelas IV. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 72-84. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.72-84
Zubaidah, Margiati, & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Lattice di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1-17

Downloads

Published

2020-06-25

How to Cite

Ayu, R., & Musa, L. A. D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Lattice Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(1), 30–39. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.30-39

Issue

Section

Articles