PENGARUH TUNJANGAN PROFESI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

  • Khotimah Khotimah IAI BUNGA BANGSA CIREBON

Abstract

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kinerja guru adalah dengan memberikan Tunjangan Profesi Guru sebagai realisasi dari program sertifikasi bagi guru dan dosen.  Dengan adanya Tunjangan Profesi Guru diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas guru dan motivasi kerja sebagai seorang pendidik.  Karena bagi guru dan dosen yang sudah mempunyai sertifikat pendidik, pemerintah memberikan dana Tunjangan Profesi Guru setiap bulan yang besarnya sama dengan satu bulan gaji. Dengan kesejahteraan dan ekonomi yang meningkat, diharapkan dapat meningkat pula  motivasi kerja dan kinerja guru.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji 1) hubungan Tunjangan Profesi Guru dengan Motivasi Kerja, 2)  pengaruh Tunjangan Profesi Guru terhadap Kinerja Guru, 3) pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru, 4) pengaruh Tunjangan Profesi Guru dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket atau kuesioner dan menggunakan random sampling sebanyak 66 sampel.  Pengolahan data menggunakan analisis korelasi, regresi, dan analisis jalur dengan bantuan SPSS 22.  Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Tunjangan Profesi Guru dengan Motivasi Kerja 0,029 < 0,05, Tunjangan Profesi Guru  berpengaruh terhadap Kinerja Guru sebesar 1,18% , Motivasi Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Guru sebesar 76,04%, Tunjangan Profesi Guru dan Motivasi Kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon sebesar 72%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, E. Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru, (Jakarta: Gramedia, 2017)
Bernardin, H. J. and Russel, J, E.A, Human Resource Management, (New York: Mc. Graw Hill, Inc, 1993)
B. Uno, H. Teori Motivasi dan Pengukurannya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
B. Uno H. dan L. Nina, Teori Kinerja dan Pengukurannya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)
Djaali, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)
Davis, K & Newstrom, Prilaku Dalam Organisasi, (Jakarta: Erlangga, 2000)
Faturrohman, P dan Suryana, A. Guru Profesional,( Bandung: Refika Aditama, 2012)
Gibson, Invancevich, & Donnely, Organisasi, Perilaku, Struktur-Proses, Edisi ke Delapan, (Jakarta: Binapura Aksara, 1996)
Gomes, FC. Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: Andi, 2003)
Hamzah B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya,(Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
IAI BBC, Panduan Penulisan Tesis, (Cirebon, 2017)
Kadarisman, M. Manajemen Kompensasi, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014)
Kompri, Motivasi Pembelajaran Prespektif Guru dan Siswa, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016)
Muhidin dan Abdurrahman, Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. (Bandung: Alfabeta, 2009)
Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Misaka Galiza, 2003)
Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)
Musfiqon, H.M. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2015)
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2009. Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen, serta Tunjangan Kehormatan Profesor, (Bandung: Citra Umbara, 2016)
Quraish Shihab, M. Tafsir Al-Mishbah, (Jakarta: Lentera Hati, 2012)
Riva’i, V. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, (Jakarta: Murai Kencana, 2004)
Ruky,A.S. Sistem Manajemen Kinerja, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 2002)
Samsudin, S., Manajemen Sumber Daya Manusia, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2006)
Sardiman, AM. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2005)
Saydam, Gouzali. Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management): Suatu Pendekatan Mikro (dalam Tanya Jawab), (Jakarta: Djambatan, 2000)
Simamora, H. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, 1997)
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2016)
Supardi. Kinerja Guru, (Jakarta: Raja Grafindo Perkasa, 2014)
Suprianto, J. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Guru, (Yogyakarta: BPFE, 1996)
Terry, GR. Principle of Management (alih bahasa Winardi), (Bandung: Alumni, 2006)
Umam, K. Perilaku Organisasi, (Bandung: Pustaka Setia, 2012)
Wibowo, M.E. Standarisasi, Sertifikasi, dan Lisensi Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, (Surabaya: Seminar Nasional Pendidikan, 2004)
Widoyoko, S. EP. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016)
Yamin, H.M., Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2009)
Yamin, M. Profesionalisasi Guru dan KBK, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2006)
Undang –Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen, (Bandung: Citra Umbara, 2016)

Internet
Asdiqoh, Siti, Motivasi Kerja Guru, (Online), Tersedia: http://ijtihad stainsalatiga.ac.id/jurnal, 2012, 9-8-2014
Timotius, Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru, http:/www.skrihsizone.com. Diakses tanggal 18 Juni 2014

Jurnal dan Tesis
Habibah, Dampak Tunjangan Sertifikasi terhadap Gaya Hidup Konsumtif Guru di Yayasan Sa’adatuddarain Mampang Jakarta Selatan, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2014)
Mukhamad Khusnaini, Pengaruh Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru KKMI Tingkat Kecamatan Limpung Kabupaten Batang, (Semarang: Universitas PGRI Semarang, 2015)
Umarudin, Dampak Pemberian Insentif dan Motivasi Mengajar terhadap Kinerja Mengajar Guru di Wilayah Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs Negeri Jalaksana Kabupaten Kuningan, (Cirebon: IAIN Syekh Nurjati, 2012)
Published
2019-06-24
How to Cite
KHOTIMAH, Khotimah. PENGARUH TUNJANGAN PROFESI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 41-56, june 2019. ISSN 2684-9208. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edulead/article/view/106>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v1i1.106.