STRATEGI PENINGKATAN MUTU MADRASAH MELALUI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MI SWASTA AL WASLIYAH SUMBER

  • Ahmad Fahmi IAI BUNGA BANGSA CIREBON
  • Amin Haedari IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Peningkatanmutulembaga Pendidikan dasaryaitu Madrasah Ibtidayah (MI) tidakdapatdilepaskandenganupayapeningkatanmutupesertadidik. Upayapeningkatanpendidikanmutupendidikantidakakanmemenuhisasaran yang diharapkantanpadimulaidenganpeningkatanmutupesertadidik. Mutuadalahsebuahperubahan yang memerlukanjangkapanjang. Oleh Karena ituuntukmewujudkansebuahlembagapendidikan yang bermutudiawalidaripeningkatankualitassumberdayanya,kususnyatenagapendidik yang memegangperananpentingdalammembentukpesertadidikyang bermutu. Dalammewujudkanpendidikan yang bermutumemerlukanrencana-rencanastrategi. MI Al WasliyahSumbermerupakansekolah/Madrasah yang menerapkanstrategiuntukmenigkatkanmutupendidikan.Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan Kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Al Wasliyah Sumber,(2) Bagaimana implentasi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Al Wasliyah sumber (3) Bagaimana evaluasi Kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Al Wasliyah Sumber.


PenelitianinimenggunakanpendekatanKualitatif,mengambillokasi di MI Al wasliyahsumberKabupatenCirebon.Metodepengumpulan data dilakukandengan (1) Wawancara (2) Observasi (3) Dokumentasi. Analisis data menggunakan model reduksi data penyajian data dan penarikankesimpulan,sedangkanpemeriksaankeabsahan data dilakukandenganperpanjangwaktupenelitian dan pengamatan.


Kesimpulan yang diperolehadalahpeningkatanmutupendidikandasar/MI diawalidarikomitmenkepalasekolahdalammeningkatkanmutupendidikan,diikutidenganpeningkatansumberdaya guru dan tenagakependidikan, sarana dan prasarana dan manejemenkepalasekolah.PenerapanStategidalammeningkatkanmutupendidikanmemerlukanketerlibatanseluruhelemenorganisasi,mulaidarikepalasekolah,guru,karyawanataustaf,bahkanpihakpihakeksternalsepertiotangtuawali,siswa,pemerintah,masyarakat dan steakholder.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. David Squires et.all., Effective School and Class Room; A Research Based Perspective (Virginia: Association for Supervision Curriculum Development, 1983)
Abdul Rachman Shaleh, Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005)
Adi Sasono, dkk., Solusi Islam Atas Problematika Umat, (Ekonomi, Pendidikan, dan Dakwah, (Cet. I; Jakarta: Gema Insani Press, 1998)
Ahmad Rozikun dan Namaduddin, Strategi Perencanaan Manajemen Berbasis Madrasah di Tingkat Menengah, (Jakarta; Listafariska Putra, 2008)
Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, (Jakarta: QuantumTeaching, 2005)
Amiruddin Siahaan, Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah, (Jakarta: QuantumTeaching, 2006)
Anas Sudjono. Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Grafindo Persada, 1996)
Azyumardi Azra, Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Rekonstruksi danDemokratisasi, cet I. (Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2002)
Barmawi dan M. Arifin, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, (Yogjakarta: Ar Ruz Media, 2012)
Dede Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model PelibatanMasyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2004)
Departemen Pendidikan Nasional, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, (Jakarta: Depdiknas, 2004)
Dikmenum, Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah: Suatu Konsepi Otonomi Sekolah, (Jakarta; Depdikbud, 1999)
E. Mulana, Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi dan Implementasi, (Banudng; Rosdakarya, 2007)
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi (Bandung: Remaja Rosdakarya)
, (Bandung: Remaja Rasindo, 2002)
H. G Hicks dan C.R. Gullet, Organisasional Theory and Design: A Strategic Aproach for Management, (Mc. Graw-Hill, 1976)
H. Syaiful Sagala, Kemampuan Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan, (Cet. II: Bandung: Alfabeta, 2009)
Hadadari. Nawawi. Metode Penelitian Bidang Sosial. (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2005)
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Cet, II: (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001)
Hidayanto, Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)
J. R. Bosker dan H. Guldemond, Interdepending of Performance Indicators an Empirical Study in a Catorgocical Scool System (New York: Academic Press Inc., 1991)
Jaap Scheerens, Effective Schooling; Research, Theory and Practice, (London: Cassel, 1992)
M. Sobry Sutikno, Manajemen Pendidikan Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan Unggul; Tinjauan Umum dan Islami, (Lombok; Holistika, 2012)
M. Sulthon Masyhud, et.al., Manajemen Pondok Pesantren, (Jakarta: Diva Pustaka, 2004)
Mark Bray, Decentralization of Education: Community Financing, (Washington, D.C: The World Bank, 1996)
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2009)
Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung: Rosda Karya, 1999)
Pandji Anogara, Manajemen Berbasis Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
Pratama, F. Arie, et al. "Learning Innovation Using the Zahir Application in Improving Understanding of Accounting Materials." Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1477. No. 3. IOP Publishing, 2020.
Pratama, Fidya Arie, and Odi Nurdiawan. "Peningkatan Pemahaman Akuntansi Dengan Menggunakan Software Zahir." Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 7.2 (2019): 117-126.
Rizka, Nisrina Nur, and Fidya Arie Pratama. "Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching melalui Strategi Tandur untuk Meningkatkan Kompetensi Kognisi Siswa." Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) 6.1 (2018): 183-192.
Siti Halimah, Telaah Kurikulum, (Medan: Perdana Publishing, 2010)
TIM Dosen FIP-IKIP Malang, Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan, Cet. III, (Surabaya: Usaha Nasional, 1988)
Undang-undang Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional Tahun 2000-2004. Lihat: Komite Reformasi Pendidikan, Naskah Akademik Rancangan Undang-undang Nasional (Jakarta: Balitbang Depdiknas, 2001)
Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik PengembanganKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (Jakarta: Kencana, 2009)
Winardi, Asas-asas Manajemen, (Bandung: Alumni, 1983)
Published
2021-01-04
How to Cite
FAHMI, Ahmad; HAEDARI, Amin. STRATEGI PENINGKATAN MUTU MADRASAH MELALUI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MI SWASTA AL WASLIYAH SUMBER. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-13, jan. 2021. ISSN 2684-9208. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edulead/article/view/279>. Date accessed: 05 may 2024.