IMPLEMENTASI KONSEP MANAJEMEN MUTU JOSEPH MOSES JURAN DALAM PENGENDALIAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI SDIT TIHAMAH

  • Himatun Mardhiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Dedi Djubaedi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Septi Gumiandari IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Abstract

Quality control management is a step taken in controlling activity programs in order to minimize errors that occur. This study discusses how the concept of Joseph Moses Juran's Trylogi is applied in SDIT Tihamah, as well as what obstacles and how are efforts to handle quality control management for educators and staff education at SDIT Tihamah. The results of this study are: firstly, the implementation of the quality management concept of the Joseph Moses Juran trylogi in the quality control management of educators and staff education at SDIT Tihamah can be implemented properly through 1) quality planning, 2) quality control, and 3) quality improvement. The two obstacles experienced include: 1) infrastructure, 2) human resources who are less competent in using technology, 3) overlapping policies. The development efforts carried out are 1) providing alternative infrastructure, 2) providing training to educators and staff education, 3) the existence of well-ordered regulations.


ABSTRAK


Manajemen pengendalian mutu merupakan suatu langkah yang ditempuh dalam mengontrol program kegiatan agar meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi. Penelitian ini membahas tentang bagaimana konsep Trylogi Joseph Moses Juran diterapkan di SDIT Tihamah, serta apasaja hambatan dan bagaimana upaya penanganan dalam manajemen pengendalian mutu tenaga pendidik dan kependidikan di SDIT Tihamah. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah: pertama implementasi konsep manajemen mutu trylogi Joseph Moses Juran dalam manajemen pengendalian mutu tenaga pendidik dan kependidikan di SDIT Tihamah dapat diterapkan dengan baik melalui 1) perencanaan mutu, 2) pengendalian mutu, dan 3) peningkatan mutut. Kedua hambatan yang dialami antara lain: 1) sarana prasarana, 2) SDM yang kurang cakap dalam menggunakan teknologi, 3) adanya kebijakan yang tumpang tindih. Upaya pengembangan yang dilakukan yakni 1) memberikan sarana prasarana alternatif, 2) memberikan pelatihan kepada tenaga pendidik dan kependidikan, 3) adanya regulasi yang tertata rapi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dz, Abdus Salam. Manajemen Insani Dalam Pendidikan. Cetakan Pe. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Ibrahim. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edited by Edi Kurnanto. Bandung: Alfabeta, 2015.
Latif, Mukhtar, and Suryawahyuni Latief. Teori Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
Moelong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Ke. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Nurdin, Diding, and Imam Sibaweh. Pengelolaan Pendidikan Dari Teori Menuju Implementasi. Cetakan Ke. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
Sobirin, Achmad. Konsep Dasar Kinerja Dan Manajemen Kinerja, n.d. http://repository.ut.ac.id/3839/1/EKMA5320-M1.pdf.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, n.d. http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf.
Hasil wawancara dengan sekretaris Yayasan Al-Kahiriyah Ustadz Abdurrahman bertempat di ruang kepala sekolah mengenai tes seleksi rekrutmen guru di SDIT Tihamah, pada hari Selasa, 11 Februari 2020.
Hasil wawancara dengan Kepala SDIT Tihamah Ibu Siti Mutmainah, S.Pd.I di ruang kepala sekolah pada hari Rabu, 12 Februari 2020.
Hasil wawancara dengan Ibu Fia selaku staff TU di ruang kantor, pada hari Kamis, 20 Februari 2020.
Pratama, F. Arie, et al. "Learning Innovation Using the Zahir Application in Improving Understanding of Accounting Materials." Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1477. No. 3. IOP Publishing, 2020.
Pratama, Fidya Arie, and Odi Nurdiawan. "Peningkatan Pemahaman Akuntansi Dengan Menggunakan Software Zahir." Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 7.2 (2019): 117-126.
Rizka, Nisrina Nur, and Fidya Arie Pratama. "Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching melalui Strategi Tandur untuk Meningkatkan Kompetensi Kognisi Siswa." Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) 6.1 (2018): 183-192.
Faqih, Ahmad, and Fidya Arie Pratama. "Pengembangan Adaptive Learning Berbasis Multimedia 3D Materi Sistem Bilangan Real." Prosiding Seminar Nasional Unimus. Vol. 2. 2019.
Pratama, Fidya Arie, and Nining Rahaningsih. "Penggunaan Media Windows Movie Maker Untuk Memprediksi Pemahaman Matakuliah Akuntansi Dengan Metode Support Vector Machine." JOURNAL INFORMATICS, SCIENCE & TECHNOLOGY 10.1 (2020).
Published
2021-01-04
How to Cite
MARDHIYAH, Himatun; DJUBAEDI, Dedi; GUMIANDARI, Septi. IMPLEMENTASI KONSEP MANAJEMEN MUTU JOSEPH MOSES JURAN DALAM PENGENDALIAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI SDIT TIHAMAH. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 127-144, jan. 2021. ISSN 2684-9208. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edulead/article/view/242>. Date accessed: 19 apr. 2024.