Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tenis Meja melalui Media Dinding

Authors

  • Jhony Hendra Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, STKIP Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia
  • Yustinar Yustinar Sekolah Dasar Negeri 50/II Lubuk Landai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.27

Keywords:

hasil belajar, tenis meja, media dinding

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak siswa yang belum mampu melakukan teknik dasar bermain tenis meja, selain itu banyak dari siswa yang belum tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai 70. Penerapan pembelajaran dengan media dinding dapat meningkatkan hasil pembelajaran tenis meja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar tenis meja melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan dan hasil belajar bermain tenis meja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistic deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tenis meja. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 41,94% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 87,10%..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Atmaja Prawira, Purwa. 2016. Psikologo Pendidikan dalam Prepektif Baru, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Daryanto, 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Balajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta

Ekawarna, 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Gaung Persada

Hamzah dan Nurdin, Mohamad, dkk. 2016. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM, Jakarta : Bumi Aksara

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2009. Konsep Startegi Pembelajaran, Bandung: PT Refika Aditama.

Hernawan, Asep Herrry, dkk. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka

Jamil, Nurlah. Dkk. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Bungo: STKIP Muhammadiyah Muara Bungo.

Jones dan Angela Buxton. Tanpa Tahun. Belajar Tenis untuk Pemula. Bandung: CV. Pionir Jaya

Marzuki, 2002, Metodologi Riset, Yogyakarta: Fakultas Ekonimi UII Muklis, 2007, Tenis Meja, Klaten: PT. Macanan Jaya Cemerlang

Muslich, Mansur. 2014. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumu Aksara.

Redaksi Sinar Grafika. 2008. Undang- Undang SISDIKNAS. Jakarta : Sinar Grafika

Purwanto, 2013, Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rusman, 2013. Belajar dan pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Abad 21, Bandung: Alfabeta

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Pernada Media Group

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Syarifuddin, Aip dan Muhadi. 1992. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Jakarta: DP dan K Dikti PPTK

Thobroni. M, 2016. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Thoha, M. Cahabib. 2003, Teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Garfindo Pesada.

Downloads

Published

2020-11-20

How to Cite

Hendra, J., & Yustinar, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tenis Meja melalui Media Dinding. Journal of Education Research, 1(3), 237–244. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.27

Issue

Section

Articles

Citation Check