Main Article Content

Abstract

Untuk menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia, pemerintah dan masyarakat sebagai warga negara yang baik seharusnya dapat saling bekerja sama, saling mendukung dan saling berisinergi. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang tidak peduli. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menyampaikan video edukasi Covid-19 melalui instagram sebagai media sosial yang mudah diakses dan paling banyak digunakan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode survey dengan teknik kuesioner. Data dalam penulisan ini diperoleh dari hasil kuisioner yang disebar kepada 40 (empat puluh) responden melalui google from.  Kegiatan ini berhasil diselenggarakan dengan baik. Keberhasilan kegiatan ini dapat dilihat dari adanya respon positif dari responden dan meningkatnya tanggung jawab responden sebagai warga negara yang baik.

Keywords

Covid-19 Edukasi Instagram Video

Article Details

How to Cite
Sarkadi, S., & Syarifa, S. (2020). Video Edukasi Covid-19 Bagi Masyarakat Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Warga Negara yang Baik. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 238–247. https://doi.org/10.33369/dr.v18i2.13880

References

  1. Agustiningsih. (2015). Video Sebagai Alternatif Medi Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum di Sekolah Dasar. Pancaran, 55-68.
  2. Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 47-66.
  3. CNN Indonesia. (2020, April 27). 3 Perawat Diusir dari Kos, RS di Solo Jemput Pakai Ambulans. Diambil kembali dari CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200427164601-20-497756/3-perawat-diusir-dari-kos-rs-di-solo-jemput-pakai-ambulans
  4. Gusmadi, S. (2018). Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) dalam Penguatan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 31-37.
  5. Hariandy Hamid, A. R. (2020). Social responsibility of medical journal: a concern for COVID-19 pandemic. Medical Journal of Indonesia, 1-3.
  6. Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Penerapan Media Video dan Animasi Pada Materi Memvakum dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 8-15.
  7. Lickona, T. (1991). Educating for Character How Our School Can Teach Respect and Responsibility . New York: Bantam Books.
  8. Nurmalina, K., & Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  9. Pujiati, H., Zahra, & Tamela, E. (2019). The Use of Instagram to Increase Students’ Motivation and Students’ Competence in Learning English. 1st International Conference on Education, Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019) (hal. 651-656). Atlantis Press.
  10. Rubiyati, Asrori, M., & Wicaksono, L. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Kreativitas Belajar Pada Remaja Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1-8.
  11. Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja . Interaksi Online, 1-12.
  12. Saragih, S. (2020, Mei 2). Miris! Diusir Warga, Petugas Medis Covid-19 Terpaksa Tidur di RS. Diambil kembali dari Media Indonesia: https://mediaindonesia.com/read/detail/298870-miris-diusir-warga-petugas-medis-covid-19-terpaksa-tidur-di-rs
  13. Shereen , A. M., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID-19 infection: origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research., 1-26.
  14. Suyato, Murdiono, M., Mulyono, B., & Arpannudin, I. (2016). Upaya Pembentukan Warga Negara Yang Baik Dan Tantangan Yang DIhadapi Oleh Guru PKn Peserta SM3T 2015. Jurnal Civics, 137-150.
  15. Turyati, Muchtarom, M., & Winarno. (2016). Pengaruh Pengunaan Media Video Edukasi Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VII SMP Negeri Gondangrejo. PKn Progresif, 257-267.
  16. Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 234-237.