PENERAPAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS IMTAQ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 8 KOTA CIREBON

Siti Komariah(1), Nurul Azmi(2), Ria Yulia Gloria(3*),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pembelajaran bermuatan nilai, perlu dilakukan, demi tercapainya tujuan pendidikan nasional. Kurangnya kepedulian siswa terhadap lingkungan merupakan salah satu contoh belum berhasilnya suatu pendidikan. Hasil observasi yang penulis lakukan menunjukkan lebih dari 50% nilai ulangan siswa belum mencapai KKM. Hal yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan menerapkan pendekatan SETS dalam pembelajaran biologi berbasis IMTAQ, yang memudahkan siswa memahami materi yang diajarkan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji (1) aktivitas siswa saat penerapan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) dalam pembelajaran biologi berbasis IMTAQ; (2) perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) dalam pembelajaran Biologi berbasis IMTAQ dengan siswa yang tidak diajar dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) dan tidak berbasis IMTAQ; (3) respon siswa terhadap penerapan pendekatan SETS dalam pembelajaran biologi berbasis IMTAQ. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan angket. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X, berjumlah 329 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data hasil tes dianalisis dengan uji Independent Samples Test (uji t). Hasil penelitian menunjukkan (1) aktivitas siswa saat penerapan pendekatan SETS dalam pembelajaran biologi berbasis IMTAQ mengalami peningkatan dan tergolong baik, dengan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 71,47%; (2) hasil uji statistik menunjukkan sig. 0,001 < 0,05, Ha diterima yaitu terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) dalam pembelajaran biologi berbasis IMTAQ dengan siswa yang tidak diajar dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) dan tidak berbasis IMTAQ pada konsep pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 8 Kota Cirebon; (3) rata-rata persentase angket secara keseluruhan 79,68% dengan kriteria kuat, artinya siswa memberikan respon yang baik terhadap penerapan pendekatan SETS dalam pembelajaran biologi berbasis IMTAQ. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa  terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan SETS dalam pembelajaran biologi berbasis IMTAQ dengan siswa yang tidak diajar dengan pendekatan SETS dan tidak berbasis IMTAQ.

Kata Kunci : Pendekatan SETS, Berbasis IMTAQ, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_________________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

________________ & Cepi Safrudin A. J. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aripin, Ipin. 2013. Modul Pelatihan Teknik Pengolahan Data dengan Excel & SPSS. Cirebon: Tidak diterbitkan.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Elmubarok, Zaim. 2013. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Hake, Richard. 1996. Interactive-engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. Tidak Diterbitkan.

Hotimah, Husnul. 2008. Penerapan Model Pembelajaran IPA Terpadu Bervisi SETS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Semarang: UNNES.

Hamalik, Oemar. 2013. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Irianto, Agus. 2010. Statistik Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta : Kencana.

Jufri, Wahab A. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Maemunah, Maya Siti. 2013. Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X di MAN 2 Cirebon. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Meltzer, D,E. 2002. The Relationship Between Mathematict Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics : A Possible “Hidden Variabel” in Diagnostic Pretes Score. Tidak Diterbitkan.

Mubarokah, Fitriani. 2009. Implementasi Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) pada Pembelajaran Biologi. Semarang: IAIN Walisongo.

Muhaemin. 2008. Buku Al-Quran dan Hadits untuk Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Profesional. Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nashir, Haedar. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Kebudayaan. Yogyakarta: Multi Presindo.

Pujiyanto, Sri. 2008. Menjelajah Dunia Biologi I untuk Kelas X SMA dan MA. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Rachman, Arif, dkk. 2002. Penerapan Pengajaran IPTEK Bermuatan IMTAQ. Jakarta: PT. Gunara Kata.

Rahman, Oman Abdul. 2013. Integrasi Nilai Religius Melalui Pendekatan SETS pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Riduwan & Sunarto. 2011. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Rusilowati, A., Supriyadi, A. Binadja, & S.E.S Mulyani. 2012. Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Bervisi Science Environment Technology Society. Semarang: UNNES.

Rustaman. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung : UPI Press.

Salleh, Mohamad Johdi. 2009. The Integrated Islamic Education: Principles and Needs for Thematic Approach. Malaysia: International Islamic University Malaysia (IIUM).

Sarkar, Mahbub. 2011. Secondary Students’ Environmental Attitudes: The Case of Environmental Education in Bangladesh. International Journal of Academic Research in Business and Social Science. Australia: Monash University.

Setyaningsih, N.I. 2011. Implementasi Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) pada Mata Pelajaran IPS kelas IV di MI Al-Islam Kauman Sukorejo Kendal. Semarang: IAIN Walisongo.

Siregar, Eveline & Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana, Nana . 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Solomon, Joan. 1993. Teaching Science, Technology and Society. Open University Press, Philadelphia, CA.

Thayyarah, Nadiah. 2013. Buku Pintar Sains dalam Al-Quran. Jakarta: Zaman.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wirati, N.A., et al. 2014. Pengaruh Mode Pembelajaran Kooperatif Tipe SETS (Science Environment Technology Society) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2013/2014. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wahidin. 2006. Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Sangga Buana Bandung.




DOI: 10.24235/sc.educatia.v4i1.481

Article Metrics

Abstract view : 2195 times
PDF - 2517 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)