Pengaruh Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh teknik peta pikiran (mind mapping) terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy-experimental) dengan rancangan one grup  pretest-posttest design. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis narasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik peta pikiran (mind mapping). Hasil  penelitian  ini  adalah  sebagai  berikut (1)  nilai rata-rata pretest keterampilan menulis narasi adalah 74,45; (2) nilai rata-rata posttest keterampilan menulis narasi adalah 85,00; (3) berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa penggunaan Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) berpengaruh terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang.