Visual Scaffolding untuk Meningkatkan Keterampilan Praktik Siswa dengan Disabilitas Intelektual Sedang: Studi Awal

Authors

  • Abdur Rofik

DOI:

https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i2.578

Abstract

Abstrak

Agenda program pemberdayaan pendidikan inklusi pada siswa dengan Disabilitas Intelektual Sedang (DIS) mendapat banyak perhatian dari para ahli pendidikan di Indonesia. Pengajaran yang efektif bagi siswa DIS menjadi program wajib dan arus utama dalam sistem pendidikan Nasional. Namun bukti empiris tentang penggunaan bantuan visual scaffolding masih belum banyak diperhatikan. Tujuan studi kami adalah untuk mengeksplorasi bukti empiris tentang sejauh mana strategi VS dapat meningkatkan keterampilan praktik siswa DIS di kelas. Mengingat tidak banyak bukti empiris yang dihasilkan oleh para peneliti sebelumnya pada konteks ini. Proyek penelitian deskriptif ini melibatkan 28 siswa DIS dengan kapasitas kognisi (IQ) sedang di SMALB Pembina Bagian C kota Malang. Berbagai data kualitatif diperoleh dari observasi dan wawancara semi-terstruktur dengan guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari nilai praktik thaharah siswa DIS menggunakan skala likert Behavior Assessment System for Children yang telah dimodifikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan strategi visual scaffolding sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan praktik thaharah siswa. Melalui strategi VS, antusias belajar mereka pada saat demonstrasi sangat meningkat, bahkan mereka mampu membuat sistesis antara kejadian satu dengan kejadian lainnya. Prinsip umum dari kerangka kerja VS dan prinsip desain pembelajaran yang berpusat pada siswa DIS juga dibahas.

Kata Kunci: Visual scaffolding, keterampilan praktik, thaharah, dan siswa dengan Disabilitas Intelektual Sedang (DIS).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-11-2020

How to Cite

Rofik, A. (2020). Visual Scaffolding untuk Meningkatkan Keterampilan Praktik Siswa dengan Disabilitas Intelektual Sedang: Studi Awal. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 5(2), 108–122. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i2.578