Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang

Authors

  • Rahmayanti Dewi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangka Karawang, Indonesia
  • Resti Gustiawati Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangka Karawang, Indonesia
  • Rolly Afrinaldi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangka Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.327

Keywords:

Implementasi, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Pendidikan Jasmani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 4 Karawang. Peneliaian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriptif kualitatif. Observasi ini dilakukan di SMA Negeri 4 Karawang dengan populasi perwakilan kelas XI yang terdiri dari setiap kelasnya 1 orang untuk mewakili sebagai informan dengan jumlah 5 orang siswa dan 1 orang guru. Teknik sample yang digunakan yaitu Snowball Sampling.Instrumen yang digunakan dalam penelitian dibagi menjadi 3 bagian yaitu; pedoman observasi, pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran yang selama ini digunakan sudah terselenggara dengan baik dan lancar. Model pembelajaran Problem Based Learning dikatakan kurang epektif dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 4 Karawang, karena menurut guru yang bersangkutan siswa tidak semuanya mempunyai kemampuan yang sama terutama bagi siswa yang pemalas dan kurang aktif akan membuat siswa tersebut merasa jenuh serta kurang bersemangat pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M. T. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning (5 ed.). (P. F. Mandi, Penyunt.) Jakarta: Kencana.

Eggen Paul, Kauchak Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta Barat: Permata Putri Media.

Gumilang, G. S. (2016, Agustus). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling Volume 2 No. 2, Agustus 2016 Hlm. 144-159, 2, 144-159.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muchlisin, R. (2017). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Notoatmojo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pasaribu, A. M. N., & Mashuri, H. (2019). The role of rhythmic gymnastics for physical fitness for elementary school students. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1 SE-Article), 89–97. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12551

Paturisi, A. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmnai. Bandung: Alfabeta Cv.

Resty Gustiawati, F. d. (2014). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Ilmiah Solusi Vol.1 No. 3 September - Nopember 2014: 33-40, 33-40.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (23 ed.). Bandung: Alfabeta cv.

Downloads

Published

2020-11-16

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. (2020). Journal Coaching Education Sports, 1(2), 85-92. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.327