MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN SIKAP SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MASA PANDEMI COVID 19

STKIP Sebelas April Sumedang

  • Erna Roostin STKIP Sebelas April Sumedang
Keywords: Minat Belajar, Sikap Sains, Metode Eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar dan sikap sains anak kelompok B Kober Nurjaman di Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang Jawa Barat, setelah menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran sains. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar anak yang  meliputi kurangnya keinginan anak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran dan juga kurangnya sikap sains anak  yang meliputi sikap anak untuk berfikir kritis terhadap segala sesuatu yang terjadi dalam pembelajaran sains.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) model kemmis dan Mc Taggart , penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak anak Kober Nurjaman Desa Banyuasih Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang tahun pelajaran 2019/2020, sebanyak 12 orang anak, dan sesuai dengan pernyataan diatas, penelitian ini dilaksanakan melalui daring/online mengingat adanya wabah COVID-19. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan minat belajar dan sikap sains anak.

References

Agustin (2017) Mengajar yang Menyenangkan dan Bermakna Bagi Anak. Bandung: Edena Ciptawira Mandiri.
Arikunto (2009), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto (2016), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ismail Andang (2006), Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media
Jasin (2010) Ilmu Alamiah Dasar Jakarta: Rajawali Pers.
Nugraha (2008).Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini.Bandung:JILSI Foundation.
Samatowa (2017) Metodologi Pembelajaran Sains untu Anak Usia Dini.Gorontalo:
Tira Smart.
Slameto (2015) Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta.
Wardani. (2017). Penelitian Tindakan Kelas Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Khaeriyah (2018). Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 04, (2).
Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.09
Prasiska. (2018). Peningkatan Minat Belajar Anak dengan Model SnowBall pada Anak Kelas V SD Negeri Medan. Jurnal Pendidikan. Vol. 04 (2).
Ratnasari (2016) Peningkatan Keterampilan Proses Sains Anak Melalui Metode Eksperimen Sederhana Di Taman Kanak-Kanak Al-Ma’arif Kalisat Jember .Jurnal Pedagogia. Vol 05
Ratunguri (2016). Implementasi Metode Pembelajaran Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa PGSD. Jurnal Pedagogia.Vol.05 (2).
Roostin (2015). Analisis Kemuculan Sikap Sains Pada Anak Usia Dini di TK Negeri Centeh Kota Bandung.Jurnal Pedagogik.Vol 05 (2).
Roostin (2019). Analisis Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini Berbasis Karakter di TK Arasy Kabupaten Sumedang. Jurnal Tunas Siliwangi. Vol.05 (2).
Published
2020-10-31