Pendidikan Holistik Berbasis Keagamaan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Ummah

  • Iffan Ahmad Gufron IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Nani Rosini IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Taufiqurrahman Taufiqurrahman IAI Bunga Bangsa Cirebon
Keywords: Pendidikan holistik; Budaya sekolah; SMPIT Bina Ummah Cirebon

Abstract

Schools always innovate in carrying out programs that are carried out through daily religious activities at school so that students do not feel bored and bored in the learning process or activities in the school. These religious activities are packaged in Islamic Religious Education (PAI) lessons. however it is still ignored by students. The purpose of this paper is to describe the strategy of delivering religion in Islamic Education subjects, developing the potential of students, and the importance of holistic education. This research uses a qualitative approach with a case study design. Data were collected by in-depth interviews, observation and documentation. Data analysis used interactive analysis through data reduction, data display, verification and conclusion stages. Furthermore, the results of the research show that holistic religious-based education in Islamic Education which is applied at SMP IT BINA UMMAH SUMBER includes 1) Implementation of religious-based holistic education in Islamic Education lessons; and 2) to determine the factors inhibiting and encouraging religious-based holistic education in Islamic Education lessons. It can be concluded that holistic religion-based education is education that develops all the potential that exists in students. The results of this study are expected to develop all the potential to be realized as character building in students.

Abstrak

 

Sekolah selalu berinovasi dalam melakukan program-program yang dijalankan melaui kegiatan keagamaan pada keseharian di sekolah sehingga peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh dalam proses belajar maupun kegiatan yang ada di sekolah kegiatan keagamaan tersebut dikemas pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) akan tetapi masih diabaikan pada peserta  didik. Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan strategi penyampaian keagamaan pada mata pelajaran PAI, pengembangan potensi peserta didik, dan Urgensi pendidikan holistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif melalui tahap reduksi data, display data, verifikasi dan kesimpulan. Selanjutnya, hasil dari penelitian menujukkan bahwa pendidikan holistik berbasis keagamaan pada pelajaran PAI yang diterapkan di SMP IT BINA UMMAH SUMBER meliputi 1) Implementasi pendidikan holistik berbasis keagamaan pada pelajaran PAI; dan 2) untuk mengetahui faktor-faktor  penghambat dan pendorong pendidikan holistik berbasis keagamaan pada pelajaran PAI. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan holistik berbasis keagamaan adalah pendidikan yang mengembangkan seluruh potensi yang ada pada peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan dalam mengembangkan seluruh potensi diwujudkan sebagai pembentukan karakter pada peserta didik.

References

Aspahani, Eri, ‘PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP GITA BANGSA PANONGAN TANGERANG Tesis’, 2019

Badriyyah, Yoyoh, ‘Pengembangan Model Pembelajaran Pai Berbasis Ekstrakurikuler’, Eduprof: Islamic Education Journal, 1.2 (2019), 93–107

Hari Purnomo, Bambang, ‘Pendahuluan Kedudukan Observasi Dalam Tahapan PTK Metode Observasi’, 2011

Hermawan, Iwan, ‘Implementasi Pendidikan Holistik Dalam Pemeblajaran IPS 1’, 2011, 1–8

kadir, Syamsudin, Membangun Pendidikan Dan Bangsa Yang Beradab, ed. by mitra pemuda, pertama (cirebon: mitra pemuda, 2016)

Megawangi, Ratna, ‘Pengembangan Program Pendidikan Karakter Di Sekolah: Pengalaman Sekolah Karakter’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vokasional (SNPV), 2009, 1–8

Musfah, Jejen, ‘Membumikan Pendidikan Holistik’, Proceeding; Pendidikan Holistik Pendekatan Lintas Perspektif, 2011, 1–15

Sulistiyawati, Amalia, ‘Implementasi Pendidikan Islam Dalam Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra ‎Di Smplb Wantuwirawan Kota Salatiga Tahun 2019‎’, Dam World 2015. Second Internacional Dam World Conference, 73.1 (2019), 5–10 <https://doi.org/10.1016/j.jag.2018.07.004>

Widiantari, Dian, ‘Analisis Nilai Karakter Melalui Program Vocational Camp Di Madrasah Aliyah Daarul Ulum PUI Majalengka’, Eduprof: Islamic Education Journal, 2.1 (2020), 1–17

Yona, Sri, ‘Penyusunan Studi Kasus’, Jurnal Keperawatan Indonesia, 10.2 (2014), 76–80 <https://doi.org/10.7454/jki.v10i2.177>

Published
2020-09-21
How to Cite
Gufron, I., Rosini, N., & Taufiqurrahman, T. (2020). Pendidikan Holistik Berbasis Keagamaan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Ummah. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 149 - 161. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.25

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.