Pengembangan Program REWARD (Reading, Writing, and Art Development) Melalui Pelatihan Desain Grafis untuk Mewujudkan Sekolah Berbasis IT Pada SMPN 1 Kerinci Kanan Tahun 2020

Herlin Widiawati, Afiq Budiawan, Musa Thahir, Syafrizal Ulum, Rian Vebrianto

Abstract


Di sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah adalah salah satu kunci dalam pengelolaan sekolah yang berfungsi untuk bertanggung jawab menghadapi perubahan. Untuk itu peran kepala sekolah sangat penting dalam menentukan kemajuan suatu sekolah. Dalam menghadapi Era Revolusi industry ini, menjadikan pentingnya Informasi Teknologi (IT) bagi perkembangan sekolah. Untuk itu, sekolah ingin melakukan ReBranding  sekolah untuk menjadi sekolah berbasis IT dengan mengembangkan program Reward (Reading, Writing and Art Development) berupa pelatihan design Grafis. Penelitian ini termasuk penelitian Mixmethod dengan menggunakan Trianggulasi Data. Dari hasil penelitian yang dijalankan diketahui bahwa para siswa sangat termotivasi  cukup tinggi dengan rata-rata skor berkisar 82,26 dari rentang skor 61-87. Berdasarkan hasil angket yang diisi oleh siswa, program pelatihan desain grafis dirasa sangat bermanfaat, baik dalam penambahan ilmu pengetahuan tentang seni desain maupun ilmu pengetahuan tentang teknologi. Hal ini juga dikuatkan dengan hasil dari Aspek guru menyatakan bahwa  program seperti ini sangat bagus dan untuk status program ada yang menjawab sangat memuaskan dan memuaskan. Implikasi dari Riset ini adalah untuk dapat memberikan gambaran bagaimana mengembangkan salah satu lembaga pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertama untuk lebih maju dan menjawab tantangan Revolusi Industri. Diharapkan stakeholder dan para pemangku kepentingan dinas pendidikan menjadikan dan membantu sekolah ini menjadi sekolah modal dan memberikan apresiasi yang positif dengan adanya program–program seperti ini.


Keywords


Reward, Design Grafis, Motivasi, Sekolah Berbasis IT

Full Text:

PDF

References


Aoun, J.E. (2017). Robot-proof: Higher Education in The Age of Artificial Intelligence. US: MIT Press.

Budiarto, S. (2019). Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruhan Persatuan Guru Republik Indonesia Banyuputih Situbondo. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 308 - 313.

Creswell, J., W. (2012). Educational Research: Palnning, Conducting Abd Evakuating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston: Pearson Education, Inc.,

Diknas. (2009). Rancangan Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2010-2014. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Guilford, J.P. (1985). Fundamental Statistics in Psychology and Education. Auckland: McGraw-Hil (http://library.um.ac.id/)

Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).

Irawan, J.F.P. (2018). Tantangan Bagi Perguruan Tinggi dalam Menyongsong Era Digital. Dipresentasikan pada acara Dies Natalis Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan.

Irianto, D. (2017). Industry 4.0; The Challenges of Tomorrow. Disampaikan pada Seminar Nasional Teknik Industri, Batu-Malang.

Kagermann, H., Wahlster, W., & Helbig, J. (2013). Recommendations for Implementing the Strategic Initiative Industrie 4.0. Industrie 4.0 Working Group, Germany.

Kohler, D, & Weisz, J.D. (2016). Industry 4.0: the challenges of the transforming manufacturing. Germany: BPIFrance.

Lee, J., Lapira, E., Bagheri, B., Kao, H. (2013). Recent Advances and Trends in Predictive Manufacturing Systems in Big Data Environment. Manufacturing Letters 1, pp. 38-41.

Liffler, M., & Tschiesner, A. (2013). The Internet of Things and the Future of Manufacturing. McKinsey & Company.

Musa Thahir, Yenita Roza, Atma Murni. (2018). Validity of learning website of kapita selekta mathematics course at UIN Suska Riau Students. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(1), 19-25.

NCREL & METIRI Group. (2003). EnGauge 21st Century Skills. Literacy in The Digital Age. http://www.ncrel.org/engauge [25/03/2018].

Sung, T.K. (2017). Industri 4.0: a Korea perspective. Technological Forecasting and Social Change Journal, 1-6.

Tan, O.S., (2003). Problem-Based Learning Innovation:Using Problem to Power Learning in the 21st Century. Singapore: GALE Cengage Learning.

Vebrianto, R., & Osman. K. (2012). Keberkesanan Penggunaan Pelbagai Media Pengajaran Dalam Meningkatkan Kemahiran Proses Sains Dalam Kalangan Pelajar. Jurnal pendidikan Malaysia.

Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i1.9606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.