Meningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Pada Kelas IX-4 SMPN 10 Batam

Butet Erianti

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Batam pada kelas IX-4 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 42 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap  siklus terdiri dari empat tahapan yaitu plan (perencanaan), action (pelaksanaan), observation (pengamatan), reflection (refleksi). Penelitian ini dilakukan dalam rangka upaya meningkatkan keterampilan menulis  cerpen pada siswa kelas IX-4 SMP Negeri 10 Batam melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan dua siklus. Pada setiap siklus dilakukan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah.Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan 2 (dua) instrumen pada setiap siklus,yaitu penilaian hasil kerja kelompok tentang menulis cerpen dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada  perubahan yaitu peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan sampai sesudah melakukan tindakan. Setelah dibandingkan nilai awal siklus I dan nilai siklus II, terjadi kenaikan yang signifikan, yaitu dari rata-rata nilai awal adalah 71 naik di siklus I menjadi 79 dan di siklus II naik menjadi 82.

Keywords


Menulis cerpen, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)

Full Text:

PDF

References


Aminudin. 2004. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Amir, M. Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Azanani, 2014. Upaya Meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah sederhana melalui model pembelajran Group Investigation pada kelas IX-1 SMPN 10 Batam tahun pelajaran 2014/2015.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Panduan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan ( KTSP ) SD/MI.

Henry, Guntur Tarigan.1986.Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.

Maharani,Ervina.2014.Panduan Sukses Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang Simpel,cepat dan Memikat.Yogyakarta : Parasmun.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Pranowo.2014.Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta : Pustaka pelajar

Tampubolon, Saur. 2013. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Erlangga

Udin S.Winaputra.2001.Model-model pembelajaran inovatif. Jakarta:PAU-PPAI Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v2i2.8274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.