Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Team Quiz Pada Materi Kegiatan Ekonomi di Kelas V MIN 1 Pekanbaru

G. Gustiani, K. Kusnadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan Team Quiz pada materi kegiatan ekonomi di Kelas V MIN 1 Pekanbaru. Silbermen menjelaskan bahwa Team Quiz ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa atas apa yang mereka pelajari dengan cara menyenangkan dan tidak mengancm atau tidak membuat mereka takut. Dari penerapan metode ini diharapakan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V MIN 1 Pekanbaru dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I diperoleh rata-rata 58,5% dengan kategori tinggi karena berada pada rentang 56%-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rata-rata persentase sebesar 75,7% dengan kategori tinggi karena masih berada pada rentang 56%-75%. Artinya penelitian ini dikatakan berhasil, karena telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan (70%).

Keywords


Keaktifan Belajar Sisw, Pendekatan Team Quiz, Materi Kegiatan Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004

Hartono, dkk, PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif Efektif dan Menyengkan, Pekanbaru: Zanafa, 2008

Hartono, Strategi Pembelajaran, Pekanbaru: LSFK2P, 2006

Hisyam Zaini, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD, 2007

Oermar Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Bandung. Rosda. 2004

Poerwadaminta, S.J.W. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1985

Silbermen, Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif), Bandung: Nusa Media, 2006

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. 1998




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v2i1.7873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.