ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA SD MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED

Abstract

Latarbelakang dari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa SD Negeri No. 166/II Tirta Mulya dalam belajar matematika. Hal tersebut salah satu penebabna adalah pendekatan pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang menarik. Indikasi dari rendahnya minat belajar siswa dapat terlihat pada saat pembelajaran berlangsung, siswa banyak yang ribut sendiri, bercanda dengan temannya, melihat-lihat lingkungan luar dan saat guru memberikan rangsangan untuk bertanya, siswa tidak ada yang mengangkat tangannya. Dengan permasalahan yang ada, usaha yang bisa dilakukan dengan melakukan pembelajaran yang lebih baik. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pembelajarran open ended. Dengan pembelajaran tersebut, siswa senang karena tertantang untuk menyelesaikan banyak jawaban. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar. Data dianalisis dengan mendeskripsikan hasil pemberian angket. Hasil penelitian ini adalah dengan memberikan pembelajaran open ended, rata-rata tertinggi minat belajar siswa berada pada kategori tinggi.