TINDAK TUTUR PERSUASIF PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR KAGET GELORA HAJI AGUS SALIM PADANG

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bentuk-bentuk serta fungsi-fungsi tindak tutur persuasif pedagang kaki lima di pasar kaget Gelora Haji Agus Salim. Berdasarkan hasil penelitian di 19 tempat yang berbeda, peneliti menemukan jumlah bentuk-bentuk tindak tutur persuasif pedagang sebanyak 39 data. Berdasarkan data tersebut, peneliti menemukan 3 bentuk tindak tutur persuasif yang terdiri dari 25 tindak tutur asertif, 13 tindak tutur direktif, dan 1 tindak tutur komisif. Selain itu, ada 6 jenis fungsi tindak tutur persuasif yang terdiri dari 18 fungsi bujukan, 11 fungsi anjuran, 7 fungsi ajakan, 1 fungsi persilahan, 1 fungsi himbauan, dan 1 fungsi permohonan. Bentuk tuturan persuasif yang paling banyak digunakan adalah asertif dan fungsi tuturan yang paling banyak digunakan adalah fungsi bujukan.