EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Manakah prestasi belajar yang lebih baik, siswa dengan model pembelajaran NHT atau TGT. (2) Manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa dengan motivasi tinggi, sedang, atau rendah. (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Geneng Semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan sampel siswa kelas XTB2 dan XDPIB2 yang berjumlah 65 siswa. pengambilan sampel ini secara random sampling.. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan awal matematika, angket motivasi siswa, dan tes prestasi belajar matematika. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh simpulan bahwa (1) Prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran TGT. (2) Prestasi belajar siswa denganmotivasi tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa dengan motivasi sedang maupun rendah, dan prestasi belajar siswa denganmotivasi belajar sedang lebih baik dibadingkanprestasi belajar siswa dengan motivasi belajar rendah. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar.