PENGGUNAAN PERMAINAN LEGO DALAM BIDANG PENGEMBANGAN KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI PPT PERMATA BUNDA KECAMATAN WONOCOLO SURABAYA

Authors

  • Berda Asmara

DOI:

https://doi.org/10.33086/ehdj.v2i2.1380

Keywords:

permainan lego, pengembangan kognitif, kreativitas

Abstract

Pendidikan anak usia dini atau usia prasekolah adalah tempat bagi anak untuk mengantarkan perkembangan dan pertumbuhan anak dalam meningkatkan kecerdasan, keterampilan, daya cipta, pengetahuan, dan kemandirian sejak dini dengan cara bermain sambil belajar atau belajar secara bermain. Melalui pembelajaran PAKEM dapat dilaksanakan kegiatan bermain lego merupakan media permainan yang sangat menarik bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan permainan lego dalam pengembangan kognitif untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini di PPT Permata Bunda Kecamatan Wonocolo Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode tanda bintang observasi. Dan dalam penelitian ini yang diteliti adalah anak usia dini di PPT Permata
Bunda Kecamatan Wonocolo Surabaya. Bidang pengembangan kognitif Semester I kelompok A dan B menggunakan tema “Diri Sendiri” dengan menggunakan sistem kolaborasi yaitu guru kelompok A dan B dalam Semester II. Hasil penelitian ini adalah hasil pemantauan observasi I belum baik, karena anak baru mengenal permainan lego belum aktif sehingga kurang kreatif. Hasil pemantauan observasi ke II hasilnya baik aktivitas dan kreativitas anak mulai meningkat, karena anak mulai terbiasa menggunakan permainan lego. Hasil pemantauan observasi ke III hasilnya baik karena anak aktif dan kreatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan permainan lego dalam pengembangan kognitif dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini di PPT Permata Bunda Kecamatan Wonocolo Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussalam. 2009. Aktivitas Bermain Bersama Anak Usia 3–6 tahun. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Arikunto, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Broemley, K.D. 1992. Language Arts, Exploring Connection (2nd ed.) Boston: Allyn and Bacon.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1992. Pedoman Penggunaan Alat Peraga Taman Kanak-Kanak.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Petunjuk Teknis Proses Belajar Mengajar di Taman Kanak-Kanak.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Kognitif di Taman KanakKanak. Jakarta: Dirjen Manajemen Dikdasmen, Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Permainan Berhitung di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Dikdas.
Hughes, Fergus P. 1999. Children, Play and Development. London: Allyn & Bacon.
Nurlaila N.Q. Mei Tientje, M.Pd., Dr. H. Yul Iskandar Ph.D. Pendidikan Anak Usia Dini (PADU) untuk Mengembangkan Multipel Inteligensi.
Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas.

Downloads

Published

2017-12-01

How to Cite

Asmara, B. . (2017). PENGGUNAAN PERMAINAN LEGO DALAM BIDANG PENGEMBANGAN KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI PPT PERMATA BUNDA KECAMATAN WONOCOLO SURABAYA. Education and Human Development Journal, 2(2). https://doi.org/10.33086/ehdj.v2i2.1380