KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN GAMBAR FLANEL DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA INKLUSI SD YAMASTHO SURABAYA

Authors

  • tiyas unusa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Novi Rahmania Aquariza Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1363

Keywords:

Gambar Flannel, Kosakata, Efektif.

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penggunaan gambar flannel dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris pada siswa inklusi SD Yamastho Surabaya. Responden berjumlah 19 siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Metode penelitian yaitu quantitative dengan t-test dari hasil pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan penggunaan gambar flanel dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris pada siswa inklusi SD Yamastho Surabaya efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa tersebut. Terbukti dari hasil perolehan nilai rerata dari 62,68 sebelum menggunakan metode menjadi 90,26 mengalami kenaikan setelah menggunakan metode pada siklus 1. Pada siklus 2, nilainya 59,47 menjadi 80,00 juga mengalami kenaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

tiyas unusa, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

I am an English lecturer in Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

References

Brown, H Douglas. 2000. Principles of Language Learning And Teaching. America: Pearson Education.
Hill, David A. 1990. Visual Impact: Creative Language Learning through Pictures. Harlow: Longman.
Hopkins, David, & Ahtaridou, Elpida. 1993. A Teacher's Guide to Classroom Research. Buckingham: Open University.
Jannah, Nur.2015. Efektifitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Vocabulary Kelas V Mis Tanring Mata Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Sudrajat, Ahmat. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Dari https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/03/21/penelitian-tindakan-kelas-part-ii/
Wright, Andrew, Betteridge, David, & Buckby, Michael. 2006. Games for Language Learning. New York: Cambridge University Press.

Downloads

Published

2020-04-28

How to Cite

unusa, tiyas, & Novi Rahmania Aquariza. (2020). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN GAMBAR FLANEL DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA INKLUSI SD YAMASTHO SURABAYA. Education and Human Development Journal, 5(1), 73–85. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1363