Pelatihan Literasi Digital dan Similarity Check Untuk Pembuatan Karya Ilmiah Hasil Penelitian Guru Sekolah Kejuruan
Abstract
Saat ini guru dihadapkan pada kondisi yang dituntut untuk dapat menguasai kemampuan kompetensi lain selain mengajar, salah satunya adalah dapat menggunakan teknologi informasi sebagai sumber informasi pengajaran serta dapat memebuat sebuah karya ilmiah dari hasil penelitian yang dilakukannya. Keadaan inilah yang saat ini menjadi permasalahan hampir semua guru, yaitu terkait dengan pemahaman dan keterampilan dalam pemanfatan teknologi informasi yang dijadikan sebagai literasi digital dan kurang pehamanan terhadap similarity check. Solusi yang disusulkan pada kegiatan pengabdian ini adalah sebuah pelatihan yang diberikan kepada guru sekolah dalam terkait dengan literasi digital dan similarity check. Metode pelaksaan pada kegiatan pengabdian ini adalah dimulai dari tahapan perencanaan, assessment permasalahan mitra, pelaksanaan kegiatan, tahapan pendampingan, dan terakhir adalah evaluasi kegiatan sebagai tolak ukut tingkat keberhasilan program. Pada kegiatan pelatihan ini para peserta kegiatan mendapat peningkatan pengetahuan yang lebih dibandingkan sebelum pelaksanaan pelitahn diberikan, hasil pelatihan menunjukan bahwa 77,9% peserta kegiatan mengatakan bahwa kegiatan pelatihan terkait dengan literasi digital dan cek similarity adalah baik.
Downloads
References
Basrowi, S., & Suwandi, M. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (Cetakan Pe). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Debnath, J. (2016). Plagiarism: A silent epidemic in scientific writing – Reasons, recognition and remedies. Medical Journal Armed Forces India, 72(2), 164–167. https://doi.org/10.1016/j.mjafi.2016.03.010
Ding, H., Takigawa, I., Mamitsuka, H., & Zhu, S. (2014). Similarity-based machine learning methods for predicting drug–target interactions: a brief review. Briefings in Bioinformatics, 15(5), 734–747. https://doi.org/10.1093/bib/bbt056
Djunaidi, D. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 2(1), 89–118.
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61–76. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370
Li, M., & Li, J. (2017). Online Peer Review Using Turnitin in First-Year Writing Classes. Computers and Composition, 46, 21–38. https://doi.org/10.1016/j.compcom.2017.09.001
Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2), 117. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i2.16737
Somantri, O., Apriliani, D., Muhamad, A. W., & Nishom, M. (2019). Pembangunan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Di SMA NU Ma’Arif Jatinegara Tegal. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 189–194. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i2.78
Tri Le, Carbone, A., Sheard, J., Schuhmacher, M., de Raath, M., & Johnson, C. (2013). Educating Computer Programming Students about Plagiarism through Use of a Code Similarity Detection Tool. In 2013 Learning and Teaching in Computing and Engineering (pp. 98–105). IEEE. https://doi.org/10.1109/LaTiCE.2013.37
Copyright (c) 2020 Oman Somantri, Musyafa Al Farizi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.