Pelatihan Literasi Digital dan Similarity Check Untuk Pembuatan Karya Ilmiah Hasil Penelitian Guru Sekolah Kejuruan

Keywords: pelatihan, guru sekolah, literasi digital, similariy check

Abstract

Saat ini guru dihadapkan pada kondisi yang dituntut untuk dapat menguasai kemampuan kompetensi lain selain mengajar, salah satunya adalah dapat menggunakan teknologi informasi sebagai sumber informasi pengajaran serta dapat memebuat sebuah karya ilmiah dari hasil penelitian yang dilakukannya. Keadaan inilah yang saat ini menjadi permasalahan hampir semua guru, yaitu terkait dengan pemahaman dan keterampilan dalam pemanfatan teknologi informasi yang dijadikan sebagai literasi digital dan kurang pehamanan terhadap similarity check. Solusi yang disusulkan pada kegiatan pengabdian ini adalah sebuah pelatihan yang diberikan kepada guru sekolah dalam terkait dengan literasi digital dan similarity check. Metode pelaksaan pada kegiatan pengabdian ini adalah dimulai dari tahapan perencanaan, assessment permasalahan mitra, pelaksanaan kegiatan, tahapan pendampingan, dan terakhir adalah evaluasi kegiatan sebagai tolak ukut tingkat keberhasilan program. Pada kegiatan pelatihan ini para peserta kegiatan mendapat peningkatan pengetahuan yang lebih dibandingkan sebelum pelaksanaan pelitahn diberikan, hasil pelatihan menunjukan bahwa 77,9% peserta kegiatan mengatakan bahwa kegiatan pelatihan terkait dengan literasi digital dan cek similarity adalah baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basrowi, S., & Suwandi, M. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (Cetakan Pe). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Debnath, J. (2016). Plagiarism: A silent epidemic in scientific writing – Reasons, recognition and remedies. Medical Journal Armed Forces India, 72(2), 164–167. https://doi.org/10.1016/j.mjafi.2016.03.010

Ding, H., Takigawa, I., Mamitsuka, H., & Zhu, S. (2014). Similarity-based machine learning methods for predicting drug–target interactions: a brief review. Briefings in Bioinformatics, 15(5), 734–747. https://doi.org/10.1093/bib/bbt056

Djunaidi, D. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 2(1), 89–118.

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61–76. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370

Li, M., & Li, J. (2017). Online Peer Review Using Turnitin in First-Year Writing Classes. Computers and Composition, 46, 21–38. https://doi.org/10.1016/j.compcom.2017.09.001

Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2), 117. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i2.16737

Somantri, O., Apriliani, D., Muhamad, A. W., & Nishom, M. (2019). Pembangunan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Di SMA NU Ma’Arif Jatinegara Tegal. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 189–194. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i2.78

Tri Le, Carbone, A., Sheard, J., Schuhmacher, M., de Raath, M., & Johnson, C. (2013). Educating Computer Programming Students about Plagiarism through Use of a Code Similarity Detection Tool. In 2013 Learning and Teaching in Computing and Engineering (pp. 98–105). IEEE. https://doi.org/10.1109/LaTiCE.2013.37

Published
2020-05-17
How to Cite
Somantri, O., & Al Farizi, M. (2020). Pelatihan Literasi Digital dan Similarity Check Untuk Pembuatan Karya Ilmiah Hasil Penelitian Guru Sekolah Kejuruan. Madaniya, 1(2), 63-70. Retrieved from https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/9
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)