Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame Di Kabupaten Jepara

Risti Rahayu Pangestuti, Moch Aminnudin

Abstract


Pajak reklame adalah salah satu pajak daerah dan salah satu sumber pendapatan asli daerah. Semakin banyak pemasangan reklame maka pendapatan pajak reklame akan meningkat dan PАD Kabupaten Jepara juga meningkat. Tujuan penelitian ini untuk melihаt potensi pajak reklame yang ada di  Jepara serta mengetahui fаktor apa yang berpengaruh dalam penerimaan pajak reklame. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 60 data dari BPS dan BPKАD tahun 2012 -2016. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan bahwa Jumlah Penduduk, Jumlаh Industri, PDRB dan Pertumbuhan Ekonomi secara bersama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Pajak Reklame di Kabupаten Jepara. Secara parsial Jumlah Penduduk mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap Pajak Reklame di Kabupаten Jepara. Jumlah Industri mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pajak Reklame di Kabupaten Jepara. PDRB mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pajak Reklame di Kabupaten Jepara. Pertumbuhan Ekonomi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pajak Reklame di Kabupaten Jepara.

Keywords


Jumlah Penduduk; Jumlah Industri; PDRB; Pertumbuhan Ekonomi; Pajak Reklame.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Peneitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IbM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indra, R. (2010). Analisis Potensi Penerimaan Pajak Penerangan Jalan. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Kasiram, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN.

Mardiasmo. (2011). Perpajakan. Yogyakarta: Andi.

Putri, P. I. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak. JEJAK, 6(2), 194–201. https://doi.org/10.15294/jejak.v7i1.3596

Rinawati, R. (2012). Analisis Pengaruh Pemungutan Pajak Reklame terhadap Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Skripsi Tidak Dipublikasi.

Siahaan, M. P. (2010). Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suparmoko. (2009). Pengantar Ekonomi Mikro (Edisi 3). Yogyakarta: BPFE.

Yantoko, A. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame di Kabupaten JeparaTahun 1983-2013. Skripsi.

Yudisius, O. (2013). Penerimааn Pajak Reklame dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 14(2), 137–143.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v14i2.1185

Article Metrics

Abstract view : 432 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.