Pengaruh Diversifikasi Pendapatan dan Bank Capital Buffer terhadap Kinerja dan Risiko Likuiditas pada Sektor Perbankan Syariah Indonesia

Rahmat Setiawan, Mesta Pramika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diversifikasi pendapatan (DIVPEN) terhadap kinerja bank yang menggunakan proksi return on assets (ROA) dan return on equity (ROE) dan risiko likuiditas yang menggunakan proksi non performing financing (NPF) dengan mediasi bank capital buffer (BCB) pada sektor perbankan syariah Indonesia. Observasi dilakukan terhadap seluruh perbankan syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan salama periode 2009-2018. Metode analisisnya menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DIVPEN memiliki pengaruh positif signifikan terhadap ROA dan ROE, namun berpengaruh negatif terhadap NPF. Sedangkan BCB memiliki pengaruh positif signifikan terhadap ROE dan pengaruh negatif signifikan terhadap NPF.

Keywords


Diversifikasi Pendapatan, Bank Capital Buffer, Return On Assets, Return On Equity, Non Performing Financing

Full Text:

Pdf


DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v16i1.1019

Article Metrics

Abstract view : 477 times
Pdf - 414 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.