PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVECEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN DRIBBLING SEPAKBOLA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 LENTENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Ainur Ridha Habibi
  • Taufik Rahman
  • Abdul Azis
Keywords: Model Student Teams Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar Dribling sepakbola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dribling Sepakbola Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Lenteng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan pretest posttest one group. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 18 dari 67 populasi yang ada. Sampel diperoleh melalui teknik Cluster Random Sampling. Instrumen tes penelitian menggunakan tes ketepatan dribling dari Nurhasan. Untuk menguji hipotesis penelitian, penulis menggunakan rumus analisis uji t. Dari hasil proses penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil t hitung sebesar 6,131 dari 18 sampel yang ada. Sedangkan t tabel diperoleh nilai sebesar 3,965. Jika dibandingkan maka t hitung > t tabel dengan kesimpulan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan Dribling Sepakbola Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Lenteng Tahun Pelajaran 2019/2020

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Maksum, 2008. Metode Penelitian. Surabaya. Unipress. Unesa

Arikunto Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta

Arikunto Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta

Dini Rosdiani, 2012. Model Pembelajaran langsung dalam PJOK. Bandung. Alfabeta

Danurwindo, 2017. Kurikulum Pembinaan Sepakbola Indonesia. Jakarta. PSSI.

Danny Mielke, 2003. Dasar-Dasar Sepak Bola. Bandung : PT INTAN SEJATI

Feri Kurniawan, 2012. Buku Pintar Pengetahuan Olahraga. Jakarta. Laskar Aksara

Joseph Luxbacher, 2011. Sepakbola : Langkah-Langkah Menuju Sukses.Jakarta. RajaGrafindo Persada

Muh. Fathurrahman. 2015. Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media

Miftahul Huda,2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jogjakarta. Pustaka Pelajar

Nurhasan.2000. Tes dan PengukuranPendidikan Olahraga. Jakarta. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudrajat Wiradihardja, 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta. Balitbang Kemendikbud

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & R&D Penelitian.Bandung. Alfabeta

Sutrisno Hadi, 2000. Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.

Wasis D. Dwiyogo, 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Malang. Wineka Media

Wina Sanjaya, 2012 Sanjaya Wina, 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Prenada Media Group

Winarno, 2007. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani, Malang, FIP UNM
Published
2020-09-03