PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVECEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN DRIBBLING SEPAKBOLA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 LENTENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dribling Sepakbola Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Lenteng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan pretest posttest one group. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 18 dari 67 populasi yang ada. Sampel diperoleh melalui teknik Cluster Random Sampling. Instrumen tes penelitian menggunakan tes ketepatan dribling dari Nurhasan. Untuk menguji hipotesis penelitian, penulis menggunakan rumus analisis uji t. Dari hasil proses penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil t hitung sebesar 6,131 dari 18 sampel yang ada. Sedangkan t tabel diperoleh nilai sebesar 3,965. Jika dibandingkan maka t hitung > t tabel dengan kesimpulan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan Dribling Sepakbola Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Lenteng Tahun Pelajaran 2019/2020
Downloads
References
Arikunto Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta
Arikunto Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta
Dini Rosdiani, 2012. Model Pembelajaran langsung dalam PJOK. Bandung. Alfabeta
Danurwindo, 2017. Kurikulum Pembinaan Sepakbola Indonesia. Jakarta. PSSI.
Danny Mielke, 2003. Dasar-Dasar Sepak Bola. Bandung : PT INTAN SEJATI
Feri Kurniawan, 2012. Buku Pintar Pengetahuan Olahraga. Jakarta. Laskar Aksara
Joseph Luxbacher, 2011. Sepakbola : Langkah-Langkah Menuju Sukses.Jakarta. RajaGrafindo Persada
Muh. Fathurrahman. 2015. Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media
Miftahul Huda,2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jogjakarta. Pustaka Pelajar
Nurhasan.2000. Tes dan PengukuranPendidikan Olahraga. Jakarta. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudrajat Wiradihardja, 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta. Balitbang Kemendikbud
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & R&D Penelitian.Bandung. Alfabeta
Sutrisno Hadi, 2000. Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.
Wasis D. Dwiyogo, 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Malang. Wineka Media
Wina Sanjaya, 2012 Sanjaya Wina, 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Prenada Media Group
Winarno, 2007. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani, Malang, FIP UNM