ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA

Nanda Ameliany, Maisyura Maisyura

Abstract

This study talks about the Effect of Service Quality on Community Satisfaction Index at Dewantara Health Center in North Aceh Regency. In this researcher found several problems such as lack of discipline and lack of enthusiasm of service officers in providing fast and good services for patients, namely in providing nimble administrative services, in the implementation of officers. The waiting period for the queue is too long. And the finding of puskesmas employees who are not friendly, this can be seen from the way the employee talks is curt and looks rude when serving patients. not in accordance with puskesmas culture. The cornerstone of the theory in this study is the theory of customer satisfaction based on perspective. The research question in this study is whether there is an effect of service quality on the community satisfaction index. And the purpose of this study is to determine the effect of service quality on the community satisfaction index. The method used in this research is a quantitative approach with data collection techniques by interviewing, observing and taking part of the respondents of 100 respondents in the Community Health Center in Dewantara District. The results of this study indicate that there is a positive and significant effect between service quality variables on the community satisfaction index in the Dewantara Health Center, Dewantara District, North Aceh Regency. After testing the hypothesis, the results of calculations in this study are tcount> ttable (2,278> 1,660). So Ha was accepted Ho was rejected.


 

ABSTRAK

Penelitian ini berbicara tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Pada peneliti ini ditemukan beberapa masalah seperti masih kurang disiplin dan masih kurang antusiasnya petugas pelayanan terhadap pemberian pelayanan yang cepat dan baik bagi pasien,yaitu dalam pemberian pelayanan administrasi tidak cekatan, dalam pelaksanaannya petugas. Masa tunggu untuk antrian terlalu lama. Dan Masih ditemukannya pegawai puskesmas yang tidak ramah, hal ini terlihat dari cara bicara pegawai yang ketus dan terlihat kasar saat melayani pasien. tidak sesuai dengan budaya puskesmas.  Landasan teori dalam penelitian ini adalah teori kepuasan pelanggan Berdasarkan Perpektif. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap indeks kepuasan masyarakat. Dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap indeks kepuasan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi dan konsioner terhadap 100 orang responden di Pskesmas Kecamatan Dewantara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap indeks kepuasan masyarakat di Puskesmas Dewantara Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Setelah dilakukan pengujian hipotesis, maka hasil perhitungan pada penelitian ini  adalah nilai thitung>ttabel (2,278>1,660). Sehingga Ha diterima Ho ditolak.

Keywords

Service Quality, Community Satisfaction Index.

Full Text:

PDF

References

Berry, L. Leonard and Parasuraman A. 2001 .A Marketing services. New york: The Free Press

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.

https://twitter.com/fktp_dewantara

https://www.slideshare.net/pelayanan/kepmen-pan-nomor-25-tahun-2004-tentang-pedoman-umum-penyusunan-ikm-unit-pelayanan-instansi-pemerintah

Margono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Masruroh, Siti. 2006. Pengaruh Kemanfaaatan NPWP, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada WPOP Di Kabupaten Tegal). Diponegoro Journal Of Accounting Volume 2, Nomor 4.

Nasution. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management. Jakarta.

Rahmah Hida dan Wiko (2011). Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan Index of society’s Satisfaction Toward Health Service.Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan

Sedarmayanti. 2009:252. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Bandung

undang-undang Republik Indonesia nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan

Zeithaml, ValerieA., A. Parasurman & Leonard L. Berry. 1990. Delivering Quality Service. New York : The Free Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.